Stafsus Menteri Agama Tandatangani Prasasti Perpustakaan Digital MTs N 3 Banjarnegara

Stafsus Menteri Agama Tandatangani Prasasti Perpustakaan Digital MTs N 3 Banjarnegara

Banjarnegara (Pendis) --- Kementerian Agama RI meresmikan E-LIB Megaraba yang merupakan perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Banjarnegara pada Selasa (25/10/2022).

Staf Khusus Menteri Agama RI pada Bidang Media dan Komunikasi, Wibowo Prasetyo hadir secara langsung untuk meresmikan E-LIB Megaraba ini. Wibowo sangat mengapresisi inovasi yang dibangun MTs N 3 Banjarnegara. Selain itu, Wibowo berharap kedepannya perpustakaan di madrasah lain juga bisa beralih ke digital. 

"Kementerian Agama secara khusus mengapresiasi trobosan ini, karena MTsN 3 Banjarnegara dapat menjadi pelopor bagi madrasah-madrasah lain agar bisa beralih dari perpustakaan konvensional ke perpustakaan digital di era transformasi digital seperti saat ini," tutur Wibowo.

Wibowo juga beharap kedepan perpustakaan digital atau e-LIB Megaraba ini dapat diakses publik. Karena dimasa sekarang kehadiran e-LIB dapat dibutuhkan oleh publik tanpa harus berbondong ke perpustakan konvensional. 

“Harapan saya, perpustakaan digital dapat diakses untuk publik untuk meningkatkan trafik pembacanya, bukan hanya untuk warga MTsN 3 Banjarnegara saja. Apabila hal ini dilakukan, niscaya nilai kemanfaatannya akan lebih besar karena inovasi keren ini dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh sahabat-sahabat kita khalayak umum,” tandasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, H. Musta'in Ahmad menyampaikan hal ini Selaras dengan program prioritas Gus Menteri yakni Transformasi Digital yang mencakup semua layanan, mulai dari kelas digital, layanan KUA digital, layanan Kemenag digital dan pasti perpustakaan digital termasuk didalamnya. 

Musta'in berbangga atas pencapaian yang ada, berterimakasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat sehingga kini madrasah dapat mengelola perpustakan dengan cara-cara baru yang lebih inovatif.

"Inilah saatnya para aktivis perpustakaan mengganti inspirasi, membangun inovasi dan membuat terobosan-terobosan. Maka lahirlah perpustakaan digital,” tutur Musta’in.

Kepala MTs N 3 Banjarnegara, Natir memaparkan kehadiran perpustakaan digital yang disebut e-LIB Megabara ini untuk mengikuti perkembangan jaman serta kebutuhan siswa dalam pemberlajaran. 

"Dengan adanya e-LIB tentunya akan mempermudah siswa dalam mencari refrensi guna menunjang pembelaharan," jelasnya.

Natir juga menyampaikan perpustakaan digital MTs N 3 Banjarnegara memiliki koleksi 15.150 judul buku dan 16.826 buku cetak yang dapat dimanfaatkan oleh siswa. 

"Melalui perpustakaan digital dengan koleksi mencapai 31.976 maka akan menghemat perawatan dan tempat yang didalam perpustakaan, terang Natir.