Direktur GTK dan Anis Masykur

Direktur GTK dan Anis Masykur

Jakarta (Pendis) - Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Peta Jalan Pengembangan SDM Madrasah menetapkan pentingnya perumusan Profil Guru MODIIS. Kata MODIIS adalah akronim dari Moderat, Inovatif dan Inspiratif. Peta jalan pengembangan ini disusun untuk memenuhi  tujuan utama Direktorat yang meliputi 4 (empat) aspek yang disingkat dengan 4 K yaitu karir, kesejahteraan, kompetensi dan kualifikasi.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain mengarahkan pentingnya perwujudan fokus ke arah satu titik. "Kata MODIIS menjadi pilihan komprehensif yang mewakili semua kepentingan dan visi pendidikan madrasah," terang Zain menjelaskan. Jika 4 K adalah hasilnya, maka MODIIS adalah karakternya. Guru berkualitas selalu siap menjadi pembelajar, tidak lelah berinovasi, dan senantiasa memberi inspirasi.

Moderat adalah karakter yang tidak boleh hilang dari para pendidik. Begitu pentingnya, RPJMN 2020-2024 mencantumkan secara nyata perwujudan moderasi beragama. Sementara inovatif dan inspiratif adalah juga karakter wajib yang harus melekat pada diri pendidik. 

Penyusunan peta jalan ini adalah amanat Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani yang menekankan bahwa setiap direktorat harus memiliki kejelasan arah untuk menggapai cita-cita besar pendidikan Islam. "Keberadaan peta jalan sangat penting agar menjadi kompas bersama dalam menuju satu titik tujuan yang disepakati," jelas Ali Ramdhani dalam arahannya pada Rapat pimpinan Senin (5/9) yang lalu.
 

Anis Masykhur selaku koordinator lapangan (korlap) perumusan ini mentargetkan penyelesaian penyusunan peta jalan ini adalah selesai dalam waktu 6 bulan ke depan. Meskipun dalam waktu 30 hari ke depan, harus sudah tersaji draft naskahnya.

FGD yang diinisiasi Kasubag Tata Usaha, Ajang Pradita ini dihadiri oleh seluruh Kepala Subdit dan subkoord di lingkungan Direktorat GTK. (n15)


Tags: # Modis