Kakankemenag Tuban didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan Gus Reza dari MI Asshomadiyah memberikan bantuan paket alat sekolah kepada perwakilan siswa

Kakankemenag Tuban didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan Gus Reza dari MI Asshomadiyah memberikan bantuan paket alat sekolah kepada perwakilan siswa

Kab. Tuban(Pendis) - - Kementerian Agama Kabupaten Tuban membagikan ratusan paket alat sekolah bagi siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah yang kurang mampu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir mengatakan ada 400 paket yang dibagikan, dibagi menjadi 4 titik. "Kemarin kita awali di kecamatan Widang, Tuban, dan sekarang kecamatan Jenu dan Rengel," ujarnya di Jenu, Rabu, (13/07/2022).

Ia berharap bantuan ini bisa mendukung kegiatan belajar siswa siswi. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain," ujarnya. Ia menambahkan saat ini adalah masa pemulihan ekonomi dari pandemi yang melanda selama kurang lebih dua tahun.

"Yang pertama tujuan kami silaturahmi, mengenal lebih dekat lembaga MI, kedua berbagi sedikit 
dalam kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi  dimana masih banyak yang mengalami kesulitan ekonomi," ujarnya. Selain itu kegiatan ini juga sebagai syiar, bisa menggugah rasa simpati kepada sesama.

Mantan aktivis PMII UIN Malang ini menegaskan, sebagai warga Kementerian Agama harus bangga dengan madrasah, baik menjadi siswa ataupun gurunya. 

Selanjutnya ia berpesan kepada siswa harus terus belajar, membaca Al-Qur'an dan sholawat sebagai modal untuk terjun langsung ke masyarakat kelak.
Setelah lulus dari MI mohon meneruskan ke MTs dan MA. Anak-anak harus selalu belajar, selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. "Kemenag dan madrasah adalah sistem yang saling melengkapi," imbuhnya.

Masih menurut Munir, selalu jadikan madrasah hebat bermartabat dan madrasah mandiri berprestasi. "Tugas guru memang berat tantangan juga berat,dan mengajar ini harus diniati panggilan jiwa bukan karena panggilan kerja," katanya.
Dalam kesempatan ini pria asal Bojonegoro ini juga menceritakan kisah yatim di zaman nabi. 

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum Empat ratus paket alat sekolah senilai 150 ribu untuk masing-masing anak dibagikan di empat kecamatan, tiap kecamatan 100 paket.
Bantuan diserahkan langsung oleh Kakankemenag Tuban, didampingi Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Tuban, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah setempat dan guru DPK.
Bantuan di kecamatan Widang dipusatkan di MI Al-Khoiriyah Desa Patihan Kecamatan Widang, MI Asshomadiyah Kecamatan Tuban, dipusatkan di MI Hidayatul Wahidin Suwalan Jenu dan kecamatan Rengel dipusatkan di MIN 2 Tuban.

Sementara itu, Ketua UPZ Kemenag Tuban, Moh. Qosim menjelaskan bantuan berasal dari Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) ASN Kemenag Tuban yang dikumpulkan setiap bulan.

Hadir dalam giat ini, selain Kakankemenag Tuban, juga Kasi Pendidikan Madrasah, Ketua UPZ Kemenag Tuban dan Pranata Humas, Pengawas Madrasah dan Guru DPK.  (lai)