Kemenag Wacanakan Promosi PDF di Timur Tengah

Kemenag Wacanakan Promosi PDF di Timur Tengah

Jambi (Pendis) - Pendidikan Diniyah Formal (PDF) sebagai entitas kelembagaan pendidikan dasar dan menengah pada jalur formal di lingkungan pesantren sudah saatnya menunjukkan jati dirinya dengan peningkatan mutu melalui akreditasi. 

Pernyataan ini dikemukakan oleh Kasi Kurikulum Subdit PDMA Dit PD Pontren Ahmad Rusdi di sela-sela kegiatan Sosialisasi Akreditasi PDF di Pesantren Sa'adatuddaren Kota Jambi, Kamis (12/12).

Dalam kesempatan itu Ahmad Rusdi meminta supaya PDF serius menghadapi akreditasi ini  salah satunya dengan cara sesegera mungkin mempersiapkan data dan dokumen yang akan dijadikan bahan acuan akreditasi nantinya.

"Saya ingin, ketika nantinya PDF kita sudah bagus mutunya melalui akreditasi ini maka kita bisa 'menjual' PDF ini ke Timur Tengah. Meskipun hal tersebut saat ini sudah mulai kita rintis" tutur Ahmad Rusdi.

Dijelaskan, menjual disini maksudnya adalah akan mempromosikan PDF yang ada di Indonesia sehingga mereka bisa memiliki ketertarikan untuk mengkaji dan dialog sehingga kemudian harapannya bisa diikuti dengan adanya program kerjasama dengan  PDF kita.

Kepala PDF Sa'adatuddaren Kyai Mursyid menyatakan apresiasinya atas kedatangan Tim Sosialisasi Akreditasi dari Kementerian Agama Pusat.

"Selama ini memang lembaga mengharapkan akreditasi bisa dilaksanakan secepatnya, karena sudah ada lulusan dari lembaga tersebut" ungkap Kyai Mursyid

JFU Direktorat PD Pontren Apang Sopandi mengungkapkan rencana akreditasi pada PDF in syaa Allah akan dilaksanakan pada awal tahun 2020 mendatang.

Nantinya Kemenag akan siapkan aplikasi sistem informasi dan penjaminan mutu, sehingga pengajuan usulan akreditasi akan dilakukan berbasis online" pungkas Apang.(Kanali/Hik)


Tags: