Kementerian PPPA Apresiasi MTsN 1 Kota Makassar Deteksi Dini Psikososial Peserta Didik

Kementerian PPPA Apresiasi MTsN 1 Kota Makassar Deteksi Dini Psikososial Peserta Didik

Makassar (Pendis) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Makassar dikunjungi oleh Tim Supervisor dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) bersama Fasilitator Nasional. Agenda kunjungan tersebut dalam rangka melakukan supervisi atas kegiatan Bimtek yang bertajuk “Penyelenggaraan Penanganan Gangguan Psikososial Peserta Didik” yang sebelumnya dilakukan pada bulan April 2021 selama 3 (tiga) hari tepatnya pada tanggal 7-9 April 2021. 

Kegiatan ini dilakukan mengingat pentingnya peran madrasah melalui Bimbingan Konseling (BK) untuk mendeteksi sejak dini kondisi psikososial peserta didik khususnya ditengah pandemi Covid-19.

Ketua Tim Supervisi dari Asisten Deputi Kementerian PPPA Republik Indonesia, Elvi Hendrani yang akrap disapa Elvi mengapresiasi langkah MTSN 1 Kota Makasar dalam mendeteksi dini Psikososial peserta didik pada masa pandemi Covid-19.

"Peran guru BK dalam penangangan gangguan psikososial sangat penting, karena dapat melakukan deteksi secara dini kondisi peserta didik," kata Evi di Makassar, Kamis (26/08/2021).

Menurut Elvi, hal selanjutnya dapat dilakukan upaya atau tindakan untuk mengatasi kondisi peserta didik yang mengalami masalah. "Meningkatnya kasus bunuh diri yang dilakukan oleh pelajar khususnya ditengah situasi pandemi covid-9 dan ini memerlukan perhatian serius," tegasnya.

Dalam rangkaian kegiatan supervisi ini juga dilakukan presentasi atas hasil implementasi dari kegiatan Bimtek dan pendampingan. Berdasarkan data yang diperoleh, tidak terdapat peserta didik yang memiliki gejala gangguan psikososial yang mengkhawatirkan, secara umum kondisi siswa yang dihadapi hanyalah kejenuhan dengan sistem belajar daring yang saat ini mereka jalani.

Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Arsyad Ambo Tuo sangat mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas bpenunjukan MTsN 1 Kota Makassar sebagai bagian program kali ini.

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan KemenPPPA kepada Madrasah kami, semoga madrasah selalu bisa melayani dan berperan penting dalam menangani kondisi psikososial peserta didik," ungkap Arsyad.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 1 Kota Makassar, Zulfikah Nur memberikan sambutan hangat kepada segenap tim supervisor Kementerian PPPA. "Kami mengucapkan selamat datang dari tim KPPPA Republik Indonesia, yang tentunya hari ini kita merasa bahagia dengan kedatangan beliau, menjadi perhatian khusus dan menjadi fokus kita," tutur Zulfikah.

Selain memberi pengarahan, tim supervisor melakukan observasi dan peninjauan langsung ruang BK MTsN 1 Kota Makassar guna mengecek kelengkapan administrasi dan melihat layanan konseling digital. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Humas MTsN 1 Kota Makassar/Yuyun)


Tags: