Perwakilan Tim Kerja Keuangan Ditjen Pendidikan Islam Menerima Piagam Penghargaan Pengelolaan Manajemen PIPK Terbaik 2023

Perwakilan Tim Kerja Keuangan Ditjen Pendidikan Islam Menerima Piagam Penghargaan Pengelolaan Manajemen PIPK Terbaik 2023

Bandung (Pendis) --- Kementerian Agama RI memberikan apresiasi kepada satuan kerja dengan implementasi terbaik pada Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK). Pada kesempatan ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berhasil meraih penghargaan kategori pengelolaan manajemen PIPK terbaik tahun anggaran 2023 untuk rentang kendali satuan kerja DIPA terbesar dengan kontribusi partisipasi terbanyak.

Penghargaan ini diserahkan oleh Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kemenag sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Kick Off Meeting Pelaksanaan Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (KIPK) tahun 2024 yang dilaksanakan pada 9 hingga 12 Juli 2024 di Gedung Anwar Musaddad UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi mengungkapkan rasa bangga atas diraihnya penghargaan ini. Menurutnya, ini merupakan wujud komitmen kuat Ditjen Pendidikan Islam dalam mengelola pengendalian internal atas pelaporan keuangan secara cermat dan akurat.

“Saya yakin pencapaian ini dapat dirain berkat kerja keras, dedikasi dan sinergi segenap jajaran Ditjen Pendidikan Islam dalam menerapkan PIPK dengan baik,” tutur Rohmat. Beliau berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi Ditjen Pendidikan Islam untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan. 

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa pencapaian membanggakan ini menjadi pendorong bagi Ditjen Pendidikan Islam untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan. Beberapa upaya akan dilakukan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi yang telah diraih.

“Sebagai contoh, kedepannya kita harus terus berpikiran maju dan inovatif dalam meningkatkan pemantauan dan evaluasi implementasi PIPK. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa PIPK diterapkan secara efektif dan efisien, serta untuk mengidentifikasi area-area yang masih perlu diperbaiki” ujar Rohmat.

Dengan upaya-upaya tersebut, Rohmat meyakini bahwa Ditjen Pendidikan Islam akan mampu mempertahankan dan bahkan akan meningkatkan prestasinya dalam pengelolaan PIPK. Ia pun menegaskan bahwa Ditjen Pendidikan Islam akan selalu berkomitmen dalam memberikan kinerja terbaik, khususnya dalam konteks pengelolaan keuangan internal.