Direktur KSKK Madrasah, M Isom Yusqi

Direktur KSKK Madrasah, M Isom Yusqi

Jakarta (Pendis)— Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah bertekad akan menaikkan peringkat Program for International Student Asessment (PISA) Indonesia melalalui Bimtek Persiapan Akhir PISA Madrasah 2022.

“Bimtek kali ini adalah tahapan keempat dari persiapan yang selama ini telah dilakukan oleh Kemenag RI sejak tahun lalu dalam rangka mengoptimalkan kesiapan madrasah Indonesia untuk berkontribusi pada peningkatan mutu capaian PISA Indonesia di mata dunia global.” tutur Direktur KSKK Madrasah Moh.Ishom, Kamis (31/03/2022)

Untuk diketahui, PISA adalah sebuah pengukuran kompetensi Literasi, Numerasi, dan Sains pada siswa sekolah/madrasah yang dilakukan setiap 4 tahun untuk siswa yang berumur 15 tahun. Pengukuran kompetensi berskala internasional ini dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara kerjasama pembangunan ekonomi.

Pada tahun 2018, hasil PISA menunjukkan tingkat kompetensi literasi siswa Indonesia masih berada pada peringkat 74 untuk literasi membaca, 73 untuk literasi numerasi, dan 71 untuk literasi sains dari 79 negara peserta PISA.

“Hasil PISA Tahun 2018 cukup menjadi pelajaran, bagaimana bangsa Indonesia harus serius meningkatkan kompetensi literasi SDM masa depan Indonesia melalui upaya-upaya bermakna dalam peningkatan mutu proses pembelajaran di sekolah atau madrasah.” terang Isom.

Isom menjelaskan, dalam kaitan dengan usaha peningkatan mutu pembelajaran Kementerian Agama bertekad memaksimalkan usaha kontribusi madrasah dalam peningkatan kompetensi anak Indonesia. Usaha itu dilakukan melalui berbagai bentuk ikhtiar Revolusi pembelajaran di Madrasah. “Mandiri Berprestasi, dari Madrasah untuk Indonesia adalah tekad kami.” ungkap Ishom saat memotivasi perwakilan 71 madrasah sampling PISA 2022.

Sebagaimana perlu diingat, bahwa Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah mengadakan kegiatan Pembekalan Persiapan Pelaksanaan PISA tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan 213 guru dari 71 madrasah seluruh Indonesia di hotel Holiday Inn Bandung Jawa Barat sejak tanggal 30 Maret – 1 April 2022.

Kegiatan itu dilakukan dengan melibatkan  P4TK Bahasa Jakarta, P4TK IPA Bandung, dan P4TK Matematika Yogjakarta. Harapannya, melalui persiapan ini perolehan PISA Indonesia 2022 dapat meningkat dan mampu memberikan optimisme pencapaian Generasi Emas 2045. “Sukses Madrasah, Sukses Indonesia” pekik Guru Besar Pendidikan Islam ini dalam memberikan pengarahan pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah. (AHD)


Tags: # PISA2022