YOGYA (KR) - Kinerja guru di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) MAN dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) masih membutuhkan efektifnya kepengawasan dari Depag. Kenyataan di lapangan menunjukkan, peningkatan kinerja guru di Madrasah masih bergantung pada kondisi proses kepengawasan yang baik. Pengembangan ketenagaan guru dan penguasaan teknik supervisi akademik dari pengawas. Kondisi di lapangan juga menunjukkan, kalau program pengembangan ketenagaan, kinerja proses kepengawasan dan penguasaan teknik supervisi akademik dilaksanakan dengan baik berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru-guru MAN dan MTs. Hal tersebut disampaikan Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Drs H Fathi Ismail setelah dirinya melakukan penelitian lapangan terhadap kinerja kepengawasan Departemen Agama di Jakarta Selatan. Penelitiannya mengambil responden para Pengawas Pendidikan Agama Islam dari Depag untuk guru-guru MAN dan MTsN di Jakarta Selatan. Hasil penelitiannya diangkat dalam karya disertasinya dan dipresentasikan untuk memperoleh gelar Doktor bidang Ilmu Agama Program Pascasarjana (PPs) UIN , baru-baru ini. Karya disertasinya berjudul ìPengaruh Pengembangan Ketenagaan, Proses Kepengawasan, dan Penguasaan Teknik Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Guru MAN dan MTsN di Jakarta Selatan’ . (Obi) - c
POPULER
Irjen Kemenag: Saya Ingin Madrasah Seperti ini
- Rabu, 8 Mei 2024
Kemenag Uji Keterbacaan Rancangan Kurikulum Madrasah
- Selasa, 7 Mei 2024
BERITA TERKINI
Kemenag Kuatkan Pemahaman Moderasi Beragama Guru Madrasah di NTB
- Jumat, 17 Mei 2024
Kemenag Terapkan Sistem Baru, Juknis KSM 2024 Segera Rilis
- Jumat, 17 Mei 2024
WB Mission 2024 Project MEQR Kujungi Madrasah di Kalimantan Selatan
- Kamis, 16 Mei 2024
UIN Walisongo Gelar Baznas Development Forum
- Kamis, 16 Mei 2024
Rektor UIN KHAS Jember Lepas 32 Mahasiswa Asistensi Mengajar ke Thailand
- Kamis, 16 Mei 2024
Copyright © 2021 Pendis Kemenag