Kompetisi Sains Madrasah III di Makassar Siap Digelar

Kompetisi Sains Madrasah III di Makassar Siap Digelar

Makassar (Pendis) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-29 Agustus 2014 di Makassar, hari ini siap digelar dengan 4.000 simpatisan baik pendamping maupun sejumlah akademisi dari perguruan tinggi dan siswa/i di Kota Makassar. Acara pembukaan akan dimulai siang ini, menurut panitia pelaksana dari Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI akan resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama RI, Nasaruddin Umar.


Dalam jumpa pers beberapa waktu yang lalu Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya KSM ini adalah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah terutama pada bidang sains dan teknologi.


"KSM merupakan even yang strategis untuk memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi", tegas Nur Kholis.


Disamping itu dengan diadakannya kompetisi semacam ini setiap tahun maka akan meningkatkan output pendidikan madrasah terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan daya saing siswa/i madrasah di era digital ini.


"Dengan KSM, diharapkan mampu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter kuat, kokoh, serta tahan uji. Selain itu KSM akan melatih siswa meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan", kata peraih Philosophy of of Doctor dari Universitas Bonn Jerman ini.


"Melalui slogan Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik maka kini pendidikan umum berciri khas Islam kini telah mampu bersaing dengan para siswa lainnya di tanah air ini", tambah alumnus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang ini.


"Seiring dengan perubahan jaman, maka madrasah dituntut untuk berubah, keluar dari status qoa-nya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi bangsa ini", lanjut Nur Kholis.


Sebagaimana diketahui penyelanggaraan KSM 2014 yang bertempat di Makassar Sulawesi Selatan kali ini merupakan event kali ketiganya. KSM untuk pertama kalinya di gelar di Kota Bandung pada tahun 2012. KSM Kedua diselenggarakan di Kota Malang Jawa Timur bersamaan dengan AKSIOMA pada tahun 2013 lalu.


KSM III kali ini akan diikuti oleh 363 siswa/i madrasah se-nusantara perwakilan dari tiap-tiap propinsi yang tentunya merupakan peserta pilihan, sebagai juara I, pada bidang studi pelajaran yang akan dilombakan.


Bidang yang akan dilombakan dalam KSM adalah tiga tingkatan: (1). Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi Matematika dan IPA. (2). Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu Matematika, Biologi dan Fisika. (3). Tingkat Madrasah Aliyah (MA) terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.


Selain perlombaan sains, Direktorat Pendidikan Madrasah juga menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Siswa Berbasis Riset, sebagai tindaklanjut launching Program Madrasah Riset Nasional. Dan dalam rangka menyemarakan gelaran KSM kali ini, panitia juga menyelenggarakan berbagai kegiatan pendukung (1). Expo Madrasah, yang akan menampilkan berbagai karya-karya siswa dan guru madrasah; (2). Panggung Apresiasi Seni; (3). Seminar Pendidikan Islam dan (4). Training ESQ bagis siswa-siswi Madrasah.

(p1p0/ra)
Tags: