MAN 1 Jembrana saat menerima piala bergilir

MAN 1 Jembrana saat menerima piala bergilir

Jembrana (Pendis) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana kali ini merebut predikat  juara umum pada ajang Competition of Islamic Creativity (COSMIC) yang diselenggarakan oleh ITB Stikom Bali, Minggu (19/2). Juara umum tersebut berasal dari deretan prestasi non akademik, diantaranya Juara 1 Lomba Puisi oleh Naila Cahya Rivani, Juara 1 Lomba Pop Islami oleh Violet Destha Sabrina, Juara 2 Lomba Pop Islami oleh Jeany Resdya Permata, dan Juara 3 Lomba Poster oleh Aisyah Aulia Putri.

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas capaian kali ini. Menurutnya, acap kali MAN 1 Jembrana mempersembahkan prestasi selalu membuatnya kagum. Totalitas kinerja sistem yang sudah terbangun dapat menggerakkan guru dan siswa untuk berkomitmen melakukan dan memberikan yang terbaik bagi MAN 1 Jembrana. 

Agus berharao, keseimbangan prestasi akademik dan nonakademik akan mengantarkan MAN 1 Jembrana menjadi yang terdepan tak hanya di level provinsi namun lebih luas lagi yaitu nasional bahkan internasional. 

“Selamat dan sukses untuk seluruh tim. MAN 1 Jembrana bersih dan berprestasi adalah harga mati bagi kami,” tutur Agus di Jembrana pada Senin (20/02/2023).

Waka Kesiswaan MAN 1 Jembrana, Sugianto mengaku bangga atas prestasi ini. Baginya prestasi nonakademik adalah prestasi yang unik karena lahir dari bakat yang dibawa sejak lahir kemudian ditemukan, diasah hingga menjadi prestasi. 

Beliau menjelaskan pembinaan bidang nonakademik MAN 1 Jembrana yang bernaung di bawah Supremasi (Sukses Prestasi Bersama Olah Raga dan Seni) terus menunjukkan hasil. 
“Prestasi nonakademik yang dicapai siswa-siswi Mansaja adalah tolok ukur dari suksesnya pembelajaran dan pendidikan di Mansaja,”ujar Sugianto. 

Menurutnya, deretan prestasi ini menggambarkan Mansaja untuk terus menyeimbangkan kinerja otak kanan dan otak kiri para siswanya sehingga bisa mengenali dan menggali potensi dirinya. Ini penting untuk bekal mereka terjun ke lingkup masyarakat yang lebih luas. 

“Sehingga mereka punya modal dan bisa bersaing dengan percaya diri,” tukasnya.

Wakil Pembina, Tri Budi Handoko menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembinaan sampai pelaksanaan lomba. 
“Alhamdulillah, perjuangan kami berakhir manis dengan mempersembahkan Piala Bergilir COSMIC 2023 untuk MAN 1 Jembrana,” ungkapnya. 

Budi berharap capaian kali ini dapat menstimulus siswa-siswi bertalenta lainnya untuk berani unjuk diri. Kesempatan terbuka luas, namun harus dipersiapkan untuk menangkap kesempatan itu dan menjadikannya prestasi.