Launching Jurnal Al-Bayan

Launching Jurnal Al-Bayan

Jakarta (Pendis) – Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Propinsi DKI Jakarta, meluncurkan sebuah jurnal ilmiah bernama Al-Bayan, Selasa (14/12/2021). Jurnal ini dimaksudkan sebagai ajang pemberdayaan guru PAI agar terus aktif dan produktif melahirkan karya-karya ilmiah.

Direktur PAI Direktorat Jenderal Pendidikan islam Kementerian Agama, Amrullah memberikan apresiasi atas terbitnya jurnal ini. “Saya sangat mengapresiasi dan bangga akan karya ilmiah ini, karena bukan hal mudah menulis di jurnal ilmiah," tuturnya saat acara launching.

​​​​​​​Amrullah menegaskan, guru PAI perlu terus memberdayakan dan menguatkan diri dalam melahirkan karya-karya ilmiah yang berkontribusi pada bidangnya. Guru PAI jangan hanya terjebak rutinitas mengajar di depan kelas.
“Dengan adanya MGMP yang aktif ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi peningkatan kreatifitas dan produktifitas para guru, terutama dalam publikasi karya-karya ilmiah yang selama ini terasa masih kurang," tegas Amrullah.

Ia berharap, dengan terbitnya jurnal ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi para guru PAI SMP, khususnya di propinsi DKI Jakarta. "Selamat untuk para Pengurus MGMP PAI SMP, semoga terus kreatif dan produktif," tukasnya.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta, Sugito menyatakan penerbitan jurnal ilmiah guru ini merupakan sesuatu yang baru di lingkungan guru-guru DKI Jakarta. Apalagi ini guru-guru PAI SMP. Karena itu pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dan juga merasa bangga terhadap kreatifitas para guru PAI SMP tersebut.

“Saya sangat bangga dan mendukung kreatifitas guru-guru PAI SMP, semoga dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi guru lainnya,” kata Sugito. Ia berharap agar karya ini tidak hanya untuk SMP, namun juga dapat dibuat guru yang lain, baik itu SD, SMA, SMK dan juga pengawas. “Banyak hal-hal yang menarik yang ada di Jakarta yang bisa ditulis dan agar dibaca oleh guru-guru lain di luar Jakarta,” ujarnya. 

Ke depan Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta akan terus mendorong agar penerbitan jurnal ini dapat terus berlanjut dan diikuti oleh guru-guru yang lain, baik guru PAI di sekolah, maupun guru-guru di madrasah dan pondok pesantren.

“Saya berharap para pengurus MGMP PAI SMP ini dapat menularkan kepada para guru yang lain agar pada tahun depan ada jurnal ilmiah di madrasah dan pondok pesantren,” tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua MGMP PAI SMP, Kunarso, dalam laporannya menyampaikan Jurnal Al Bayan telah memiliki ISSN yang dikeluarkan oleh LIPI, baik untuk edisi cetak maupun edisi online. 
“Alhamdulillah, Jurnal Al Bayan ini telah memiliki ISSN yang dikeluarkan oleh LIPI. Ini butuh perjuangan yang tidak mudah, karena dunia menulis karya ilmiah masih menjadi sesuatu yang sulit di kalangan para guru,” terangnya.
Kunarso menjelaskan bahwa fokus dan scope dari Jurnal Al Bayan ini adalah pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) para guru PAI SMP di DKI Jakarta dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 

“Jurnal Al Bayan merupakan jurnal untuk pengembangan belajr dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Karena itu semua tulisan yang diterbitkan terkait dengan dunia belajar dan pembelajaran PAI di sekolah,” jelasnya.


Jurnal Al Bayan direncanakan akan terbit 2 kali dalam setahun setiap bulan Oktober dan April. Setiap edisi akan menerbitkan tulisan hasil PTK guru PAI SMP sebanyak 10 – 15 tulisan, baik dari DKI Jakarta maupun dari propinsi lain. 


“Jurnal Al Bayan ini dapat terbit karena dukungan penuh dari Kementerian Agama, terutama dari Subdit PAI SMP/SMPLB Direktorat Pendidikan Agama Islam dan Kabid PAKIS Propinsi DKI Jakarta. Untuk itu kai ucapkan terima kasih,” pungkas guru PAI SMPN 1 Tanjung Priok Jakarta Utara dalam mengakhiri laporannya. 


Jurnal Al Bayan dapat diakses di www.albayanjurnal.com.
Hadir dalam kegiatan launching Jurnal Al-Bayan ini,  Amrullah, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, Sugito, Kepala Bagian Tata Usaha, Misbak, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Keagamaan Islam, Agus Sholeh, Kasubdit PAI SMP/SMPLB Direktorat PAI, Pengurus MGMP PAI SMP Propinsi DKI Jakarta, segenap undangan dan guru-guru PAI SMP yang mengikuti secara online. Kegiatan launching dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi DKI Jakarta.
(Subdit PAI SMP/SMPLB).
 


Tags: # pai