Lestarikan Budaya OKU Timur, Siswa MAN 1 OKU Timur Ikuti Lomba Sastra Budaya Hiring-Hiring

Lestarikan Budaya OKU Timur, Siswa MAN 1 OKU Timur Ikuti Lomba Sastra Budaya Hiring-Hiring

OKU (Pendis),- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 OKU Timur atas nama Addelia Sinta Bela berhasil meraih juara harapan I hiring-hiring pada lomba lomba sastra tuturan berbahasa Komering yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur, (22/11/2021).

Addelia Sinta Bela, yang berada dibawah bimbingan Aprilia Kartika Sari dan Nirmala Sari berhasil emnyingkirkan 60 orang peserta lain yang bertanding di SMAN 3 Martapura.

Lomba sastra kali ini terdapat dua kategori yaitu Hiring-Hiring dan kesenian Pisaan. Menurut Aprilia Kartika, pencapaian ini merupakan awal yang baik untuk MAN 1 OKU Timur di bidang sastra terutama budaya hiring-hiring. "Untuk kedepannya akan menjadi acuan bagi generasi penerus agar berprestasi lebih baik,” ujarnya.​​​​​​​​​

Hiring-hiring merupakan pantun bersahut khas Komering yang dahulunya dimainkan antara muda-mudi saat menyambut bulan bulan bara atau bulan purnama.​​​​​​​​​​​​​ Selain itu hiring-hiring dapat dituturkan pada saat acara ningkuk malam pengantin (berlangsungnya pesta pernikahan), malam bulan bara, dan nunggal, saat acara bujang gadis yang dipimpin ketua bujang (meranai) dan ketua gadis (muli).

Saat ini hiring-hiring digunakan sebgai sumber motivasi untuk pembangunan masyarakat, namun masih saja sarat dengan pesan-pesan budaya nenek moyang bangsa, di antaranya rendah hati, disiplin, rela berkorban demi kepentingan daerah, dan sebagainya.

Hiring-hiring yang dituturkan saat pertunangan maupun pernikahan tentunya memiliki diksi-diksi tempatan yang berbeda. Ada juga hiring-hiring yang bercerita mengenai sejarah. Hal ini tentu saja berguna agar masyarakat khususnya generasi muda paham akan cerita latar belakang sejarah.