Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain melantik Kepala MAN IC Kota Batam M Kamal

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain melantik Kepala MAN IC Kota Batam M Kamal

Jakarta (Pendis) - Direktur Guru dan Tenaga Kepandidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain resmi melantik M Kamal SAg MPd sebagai Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Batam di Aula MAN IC Kota Batam, Selasa (10/1/2023).

Pelantikan ini didasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 041388/B.II/3/2022 tanggal 29 Desember 2022 diangkat dalam jabatan sebagai Guru Ahli Madya pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dalam jabatan tugas tambahan sebagai Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Bertindak sebagai saksi dalam prosesi ini yakni, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Subadi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkainain, turut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto.

Dalam kesempatan itu, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain mengatakan menjadi Kepala Madrasah harus menjadi memberi contok yang baik kepada guru-guru yang lain, karena kata dia Kepala Madrasah itu seperti selebriti yang sering menjadi panutan banyak orang.

"Setiap jabatan mesti ada sustainability; melanjutkan pola dan kebijakan kepemimpinan terdahulu. Jabatan itu adalah amanah yang harus di implementasikan dengan hati yang tulus dan ikhlas agar menjadi amunisi dalam melaksanakan kepemimpinan. Jabatan itu adalah kerja keras yang harus melahirkan legacy yang berguna bagi masyarakat," kata Zain.

Oleh karenanya, Zain berharap M Kamal sebagai Kepala MAN IC Kota Batam yang baru dapat bertanggungjawab atas segala amanah yang diemban.

"Kunci sukses sebuah kepemimpinan adalah kekompakan dan dalam pengambilan keputusan harus berlaku adil, lebuh lanjut pak direktur memberikan pesan bahwa berhati-hatilah dengan jabatan, karena jabatan bisa memuliakanmu dan juga jabatan pula bisa menistakanmu."


Sementara itu, Kakanwil Provinsi Kepulauan Riau Mahbub Daryanto, menyampaikan selamat dan apresiasi kepada M Kamal yang baru dilantik. Sejauh ini kata Mahbub perkembangan MAN IC Kota Batam sangat meningkat dari tahun ke tahun.

Ia meminta M Kamal untuk selalu mengedepankan kolaborasi dan koordinasi kepada seluruh lembaga terkait, juga meningkatkan tata kelola dan perbaikan reformasi birokrasi di MAN IC Kota Batam serta mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di MAN IC Kota Batam.

"Agar upaya mengembangkan madrasah dan meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud."