Ade Mandala Putra

Ade Mandala Putra

Parepare (Pendis)-- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare kembali mengukir prestasi. Kali ini dipersembahkan Ade Mandala Putra dalam ajang pemilihan Duta Museum Sulawesi Selatan tahun 2021. Ade berhasil meraih juara I putra pada ajang yang cukup bergensi tersebut.

Dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (6/11/2021), Mahasiswa semester 7 ini membenarkan, dirinya memenangkan pemilihan Duta Museum Sulawesi Selatan yang diumumkan pada acara puncak di hotel Claro Makassar, 31 Oktober 2021. Pria kelahiran Parepare itu berhasil menyisihkan 50 orang finalis dari kabupaten/kota se–Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih juara I pada ajang pemilihan Duta Sulawesi Selatan bulan Oktober lalu,” katanya pria yang juga Duta Pariwisata Kota Parepare tahun 2020. Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh duta-duta dari seluruh kabupaten/kota dan berlangsung cukup ketat dengan tahapan seleksi berlapis-lapis.

“Saya mengenalkan diri sebagai mahasiswa IAIN Parepare di sana, meski keikutsertaan bukan sebagai utusan kampus. Tetapi kami bangga sebagai mahasiswa Parepare yang berhasil meraih prestasi tersebut,” paparnya. Bahkan Ade mengaku siap, jika dirinya dibutuhkan oleh kampus untuk berkontribusi terhadap pengembangan kampus.

“Saya telah berbicang dengan salah satu dosen program studi Sejarah Kebudayaan Islam terkait rencana pembangunan museum di kampus. Jika dibutuhkan, sebagai Duta Museum Sulawesi Selatan, saya siap membantu untuk mempromosikannya kepada stakeholder di Sulawesi Selatan,” kata Ade mengutarakan komitmennya.

Pemilihan Duta Museum Sulawesi Selatan tahun 2021 merupakan event yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar). “Event ini diharapkan menjadi daya tarik bagi para pemuda agar mencintai museum. Generasi muda harus tahu dan paham sejarah, seni, dan peninggalan masa lampau,” kata Kadis Disbudpar, Prof. Jufri seperti yang dikutip https://trotoar.id/2021/11/01.

Dihubungi terpisah, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Mujahidah menyambut dan mengapresiasi atas pencapaian mahasiswanya pada tingkat provinsi. “Alhamdulillah, mahasiswa kita sudah mampu bersaing di tingkat provinsi. Bahkan 3 tahun terakhir, mahasiswa PBI menjadi langganan Duta Pariwisata Kota Parepare,” kuncinya.