Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Ikut Pembekalan Magang

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Ikut Pembekalan Magang

Banda Aceh (Pendis) --- Mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti pembekalan dan pelatihan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 23-25 Juni 2023 dipusatkan di Aula dan Ruang Laboratorium kampus tersebut, dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Prodi Ilmu Perpustakaan, PD Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh dan Aceh Library Consultant (ALC).

Dalam arahannya, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin mengatakan bahwa salah satu tujuan dilaksanakan magang adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari selama di bangku kuliah ke dunia kerja.

“Dunia kampus berbeda dengan dunia kerja, di sana kalian di uji dengan hal-hal yang berkaitan dengan soft skill. Ilmu yang didapat selama di bangku kuliah harus diaktualisasikan di dunia nyata saat melaksanakan magang," kata Syarifuddin, Jum'at (23/6/2023).

Selain itu, Dekan Syarifuddin juga berpesan kepada mahasiswa yang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) agar dapat menyesuaikan diri dengan tempat magang dan menjaga nama baik kampus.

Menurut Syarifuddin, magang tidak sekadar mempelajari keterampilan secara teknis, melainkan juga dituntut untuk pengembangan soft skill guna menunjang kompetesi lulusan ke depan dalam dunia kerja.

"Program magang ini tentu saja memiliki banyak manfaat seperti mendapatkan pengalaman untuk bekerja, mengembangkan keterampilan serta meningkatkan relasi. Oleh karena itu, saya berharap selama PKL anda harus menjadi individu yang lebih percaya diri, keluar dari zona nyaman, serta jauh lebih responsif, adaptif, dan proaktif," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Mukhtaruddin menyebutkan bahwa sebanyak 96 orang yang akan mengikuti magang pada semester ini direncanakan akan ditempatkan pada 50 perpustakaan yang ada di kawasan Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Aceh dan provinsi lainnya sesuai daerah asal mahasiswa.

Mukhtaruddin mengatakan, magang akan berlangsung selama dua bulan di sejumlah perpustakaan diantaranya perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, madrasah dan dayah, perpustakaan umum, perpustakaan khusus baik instansi pemerintahan maupun swasta, taman bacaan masyarakat serta berbagai perpustakaan khusus lainnya.

Selama pembekalan, kata Mukhtaruddin, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai keterampilan teknis oleh pihak prodi dan juga sejumlah alumni yang tergabung dalam Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh dan Aceh Library Consultant.

Para peserta yang direncanakan akan melaksanakan magang mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 11 September 2023 mendatang, terlebih dahulu dilatih dan dibekali dengan berbagai pelatihan seperti pengolahan bahan pustaka, pelatihan automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi Slims dan Inlislite.

Selain itu, juga dibekali dengan berbagai materi tentang membangun personal branding untuk berkarir di era digital, transformasi perpustakaan untuk generasi melenial dan juga tahapan dan indikator penilaian magang serta sistematika pembuatan laporan dan rencana program kerja. []