Mahasiswa Kesos UIN Ar-Raniry Peduli Lingkungan Jembatan Lamnyong

Mahasiswa Kesos UIN Ar-Raniry Peduli Lingkungan Jembatan Lamnyong

Banda Aceh (Pendis) --- Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh bersama Ruang Lingkup dan Tessa, melakukan kolaborasi  gerakan peduli sampah di Bantaran Krueng Lamnyong, Syiah Kuala, Banda Aceh pada Minggu (27/8) Pagi.

Jihan Maghfirah Silwin selaku Sekretaris HMP-KS Kesejahteraan Sosial mengatakan bahwa manusia memiliki ketergantungan dengan alam, apapun yang kita lakukan untuk alam maka akan kembali kepada manusianya. Dalam Islam pun jelas dikatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dari tiga lembaga, yang akan dijadikan kegiatan rutin. Kawasan Krueng Lamnyong menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat setempat. terutama mahasiswa/i Kopelma Darussalam," kata Jihan, Sabtu (27/8).

Lebih lanjut, kata Jihan di sepanjang bantaran sungai ditemukan berbagai macam sampah, dari sampah yang dapat didaur ulang sampai yang tidak dapat didaur ulang. Volunteer juga menemukan berupa sampah pakaian dan juga bahan makanan yang sudah expired pada tahun 2019.

“Tujuannya untuk menyadarkan pemuda pemudi agar lebih peka terhadap lingkungan denga harapannya kegiatan ini bukan hanya melahirkan lingkungan yang bersih dan sehat namun juga dapat meningkatkan konservasi sumber daya alam yang dapat mengurangi kerusakan ekosistem laut," harapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 volunteer dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya untuk peserta tertentu saja, tetapi juga dibuka untuk umum.