Mahasiswa UI Raih Juara Debat Dunia

Mahasiswa UI Raih Juara Debat Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Mahasiswa Universitas Indonesia, Riza Aryani menoreh prestasi dalam debat bahasa Inggris tingkat dunia yaitu World Universities Debating Championship (WUDC), sebagai juara ketiga dari Best Speaker EFL (English As Second Language). "Prestasi mahasiswa UI dalam berbagai kompetisi internasional merupakan salah satu wujud kontribusi UI dalam mengharumkan nama Indonesia di forum internasional," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Rabu.

Untuk itu pihaknya akan terus mendorong mahasiswa mengembangkan potensinya tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam kegiatan di luar akademik seperti English Debate Society ini.

Menurut dia, kompetisi tingkat universitas yang terbesar di dunia, World Universities Debating Championship (WUDC) 2011 melibatkan ribuan mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, katanya keikutsertaan English Debat Society (EDS) UI dalam ajang ini merupakan kesempatan berharga untuk meraih prestasi sekaligus mengasah kualitas.

UI mengirimkan enam orang mahasiswa dan dua orang juri dalam kontes debat yang diikuti berbagai universitas terbaik dari berbagai belahan dunia, seperti Harvard, Duke, Cornell, Stanford. Vishnu menjelaskan kompetisi debat ini terdiri atas babak penyisihan dan eliminasi. Pada babak penyisihan terdapat sembilan debat yang harus diikuti dalam waktu tiga hari. Selama tiga hari tim Universitas Indonesia dihadapkan dengan tim dari berbagai universitas di dunia.

Selain itu, juri dari tim UI juga berkesempatan menjadi juri untuk tim terbaik dalam kompetisi tersebut, dan berinteraksi langsung dengan juri-juri terbaik dunia. Tim UI berhasil melewati babak penyisihan dengan Tim UI A yang terdiri atas Dyah Ayunico Ramadhani (Hubungan Internasional, angkatan 2007) dan Riza Aryani (Hubungan Internasional, angkatan 2008) berhasil melaju pada babak quarterfinal ESL (English As Second Language).

Tim UI B yang terdiri atas Carolina Rainintha Damiana Siahaan (Hubungan Internasional, angkatan 2007) dan Dimas Hokka Soebekti (Teknik Lingkungan, angkatan 2008) berhasil melaju ke babak semifinal EFL (English As Foreign Language). Selain itu katanya Natalia Rialucky (Hubungan Internasional, angkatan 2008) dan Ahmad Naufal Dai (Hubungan Internasional, angkatan 2007). Selain Delegasi UI, dua mahasiswa UI juga berpartisipasi dalam Delegasi Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional, juga berhasil masuk babak semifinal EFL.


Tags: