MAN 1 Pasuruan Meraih Perak di Ajang International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket Thailand

MAN 1 Pasuruan Meraih Perak di Ajang International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket Thailand

Pasuruan (Pendis)--Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan berhasil membawa harum Madrasah, Bangsa dan Negara. Adalah Almer Abiyyu Ahmad siswa kelas X-2 berhasil memperoleh Medali Silver (Juara 2) Kategori Physical Computing pada Event International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket Thailand.

International Robot Olympiad (IRO 2022) berlangsung di Phuket Thailand, 12 – 16 Januari 2023. Babak IRO 2022 ini diikuti sekitar 400 peserta dari 15 negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Filipina, Vietnam, New Zealand, Australia, India, Yunani, Rusia, China, Korea Selatan dan Inggris. 

Persiapan Tim Robotik MAN 1 Pasuruan diawali dengan pembekalan peserta selama tujuh hari di Jakarta. Peserta selama tujuh hari mempersiapkan perlombaan 3 kategori perlombaan, yakni:  Robot In Movie, Creativity, dan Physical Computing. Masing-masing dari kategori mempunyai karakteristik sendiri-sendiri dalam penilaian.

Hari pertama peserta mengikuti perlombaan kategori Physical Computing, Hari kedua kategori Robot In Movie dan Hari ketiga dan keempat mengikuti Kategori Creativity.

Hal yang tidak mudah bagi kami Tim Robotik MAN 1 Pasuruan dalam mempersiapkan 3 Lomba sekaligus, namun hanya diikuti 1 peserta. Padahal tim dari negara lain semuanya 1 tim 2 peserta. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami agar bisa memaksimalkan kondisi yang ada namun dengan performa yang maksimal.

Karena jujur saja, Tim Robotik MAN 1 Pasuruan perdana mengikuti even robotik internasional kategori kreatif  terang Faiz, Pembina Robotik yang juga ketua program keterampilan  MAN 1 Pasuruan.

Hari ke 5 pengumuman, Alhamdulillah, kami membawa harum Madrasah, Bangsa dan Negara. Kami memperoleh Medali Silver (Juara 2) Kategori Physical Computing pada Event International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket Thailand.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami mewakili Kementerian Agama, Bangsa Indonesia dan Khususnya Madrasah kami tercinta MAN 1 Pasuruan. Kita bisa menjuarai even robotik tertua di dunia, yakni 24th . Semoga capaian prestasi atas dukungan seluruh siswa-siswi, bapak ibu guru, staff serta kepala madrasah dan pembina robotik yang langsung membimbing saat perlombaan hingga terakhir ini bisa membawa nama baik Indonesia dan Madrasah di kancah internasional.”ujar H. Nasrudin Kepala MAN 1 Pasuruan


Tags: # madrasah