MAN 1 Yogyakarta meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Tebaik 1 Layanan Publik Tahun 2021 dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Layanan Publik

MAN 1 Yogyakarta meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Tebaik 1 Layanan Publik Tahun 2021 dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Layanan Publik

Yogyakarta (Pendis) — MAN 1 Yogyakarta meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Tebaik 1 Layanan Publik Tahun 2021 dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Layanan Publik bagi Satuan Kerja dan Kantor Urusan Agama, serta ASN Berintegritas tinggi, yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Penghargaan diberikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Nur Abadi,  kepada Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi, bertepatan dengan dalam acara Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) ke-76, di MAN 1 Yogyakarta, Rabu (5/1/2022).

Sekolah yang terletak di Jl. C. Simanjutak No. 60 Yogyakarta ini dinilai dapat menampilkan performa pelayanan publik yang prima, yaitu pelayanan berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Model pelayanan di MAN 1 Yogyakarta dinilai mencerminkan perilaku organisasi yang terlembagakan dalam bentuk mekanisme organisasi yang didukung sistem informasi dan profesionalisme aparaturnya.

“Alhamdulillah madrasah kita meraih piagam penghargaan sebagai unit kerja terbaik 1 pada evaluasi kerja layanan publik antar unit kerja di lingkungan Kemenag Kota Yogyakarta,” ujar Kepala Sekolah Wiranto Prasetyahadi, saat membuka Rapat Koordinasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jalur Prestasi tahun pelajaran 2022/2023, di Yogyakarta.

Keberhasilan ini, kata Wiranto, merupakan amanah dan buah kerjasama dan sinergitas semua civitas akademika. “Amanat dan kepercayaan masyarakat kepada madrasah harus disambut dengan layanan prima atau excellent service, walaupun di masa pademi Covid-19,” pungkasnya.

Asesmen layanan publik ini didasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Teknik penilaiannya dilakukan dengan cara desk evaluation, observasi lapangan, kuesioner, dan wawancara.

MAN 1 Yogyakarta dinilai telah mewujudkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang dapat melayani masyarakat dengan baik sehingga meningkatkan kepuasan dan kepercayaan publik terhadap institusi. Pada posisi berikutnya adalah KUA Gedongtengen (terbaik 2), dan MAN 2 Yogyakarta ( terbaik 3).(dzl)