HMPS MADA Menerima BLK dari Kementerian Agama RI

Pontianak (Pendis) - Prestasi kembali ditorehkan oleh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Kali ini, prestasi diberikan oleh Kementerian Agama RI kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah (HMPS MADA) Fakultas Usuluddin, Adab, dan Dakwah. Hal ini disampaikan pada tanggal 23 November 2021 melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak, Abdul Mukti.

HMPS MADA adalah satu-satunya ORMAWA di IAIN Pontianak yang berhasil lulus Bantuan Lembaga Kemahasiswaan (BLK) Kementerian Agama RI pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia.

“Kami mengapresiasi beragam kerja kreatif sahabat-sahabat mahasiswa, terutama Ormawa HMPS Manajemen Dakwah. Keberhasilan ini tentu harus diimbangi dengan pelaksanaan program yang lebih baik, sehingga akan menjadi catatan positif,”  ujarnya saat menyampaikan informasi ini. 

Muhammad Edi Kurnanto selaku Dekan FUAD IAIN Pontianak menyambut baik atas keberhasilan ini. “Kami turut mendukung langkah-langkah Ormawa dalam usaha mewujudkan mutu pengabdian FUAD IAIN Pontianak. Tentu harapan kami kegiatan tersebut bisa sukses mewujudkan pengelolaan masjid yang modern”, tuturnya.

Raziki Waldan, selaku Sekretaris Program Studi Manajemen Dakwah menyampaikan dukungan atas kreativitas HMPS Manajemen Dakwah. “Kami sangat mendukung kreativitas Ormawa yang turut membantu mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini sesuai dengan outcome atau profil lulusan program studi dalam pengabdian masyarakat. Terutama pengelolaan masjid secara profesional. Capaian ini juga tidak terlepas dari dukungan Sekretaris Program Studi MD sebelumnya bapak Abdullah Syifa” jelas Raziki.

Dari 100 Perguruan Tinggi Agama Islam yang mendaftar, HMPS Manajemen Dakwah merupakan  satu-satunya Ormawa lolos BLK Kementerian Agama Indonesia Se-IAIN Pontianak sekaligus Se-Kalimantan Barat.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi HMPS Manajemen Dakwah. Dari sekian banyak proposal yang diajukan untuk memperoleh BLK, hanya 40 proposal yang berhasil mendapat bantuan. Salah satu proposal yang diajukan oleh HMPS Manajemen Dakwah memiliki tema, ‘Mewujudkan Masjid Modernisasi Ummat Beragama yang Bermartabat dan Kreatif.’

Dengan adanya bantuan BLK sebesar Rp. 25.000.000 ini, pengurus HMPS Manajemen Dakwah siap sukseskan acara pelatihan untuk para pengurus Masjid di Kota Pontianak maupun di Kabupaten Kubu Raya.

"Alhamdulillah, capaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Usaha para pengurus HMPS MADA selama ini tidak sia-sia. Semoga dengan adanya dana bantuan ini agenda HMPS MADA bisa terlaksana dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakakan dan diharapkan"  Tandas Febriyanto, Ketua HMPS Manajemen Dakwah. (Didi/Khoiriyah/Omar)