Menteri Agama Buka Rakernas Kementerian Agama Tahun 2018

Menteri Agama Buka Rakernas Kementerian Agama Tahun 2018

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2018 dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Sahid Jaya Hotel Jakarta, Senin (29/01).

Dalam kegiatan yang mengusung tema "Melayani dengan Ikhlas, Wujudkan Integritas" dan dihadiri 433 peserta ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diikuti 11 jajaran eselon 1 menandatangani perjanjian kinerja Kementerian Agama tahun 2018.

Perjanjian kerja ditandatangani Menteri Agama, Inspektur Jendral, Dirjen Pendidikan Islam, Dirjen Bimas Islam, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, Sekjen, Dirjen Bimas Buddha, Dirjen Bimas Kristen, Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Hindu, Kepala Puslitbang, Kepala Badan Penyelenggara Penjamin Produk Halal.

Penandatangan ini antara lain bertujuan mewujudkan komitmen antara pemberi dan penerima amanah dalam meningkatkan integritas akuntabilitas transfaransi dan kinerja, menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja, menilai keberhasilan juga kegagalan, pencapaian tujuan dan sasaran organisasi serta acuan pemberian penghargaan juga sanksi dan tujuan menjadi dasar pemberi amanah, untuk melakukan monitoring evaluasi dan supervisi atas perkembangan dan kemajuan kinerja penerima amanah selain itu sebagai dasar dalam penetapan sasaran kinerja pegawai.

Menurut Nur Syam penanggung jawab Rakernas yang juga Sekjen Kementerian Agama, ada hal baru pada pelaksanaan Rakernas 2018 ini yaitu paperless dan digitalisasi mulai dari persiapan sampai absensi kehadiran.

"Hal baru tersebut bertujuan agar kegiatan Rakernas ini bukan sebatas seremonial dan formalitas saja , meningkatkan partisipasi aktif peserta selain itu agar fokus kepada perencanaan dan pelaksanaan kegiatan," ujar Nur Syam.

Selanjutnya juga dilaksanakan pemberian SK secara simbolis CPNS Dosen yang berada di lingkungan Kemenag, Penandatanganan Perjanjian Kinerja 2018 oleh 11 Pejabat Eselon I. Selain itu, dilakukan juga penyerahan Satuan Kerja Bebas Korupsi kepada 2 lembaga, yaitu Kemenag Kabupaten Musi Banyuasin dan UIN Antasari Kalimantan Selatan.

Rakernas dilanjutkan dengan diskusi terbuka bertajuk "Tantangan dan Program Strategis Kemenag di Tahun Politik" bersama narasumber Menag dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. (Hikmah/dod)


Tags: