Minat Baca di indonesia Paling Rendah Se-ASEAN

Minat Baca di indonesia Paling Rendah Se-ASEAN

Solo, - HASIL survai United Nations Educational. Scientific and Cultural Organization (Unesco/ Organisasi Pendidikan. Ilmu, dan Budaya) menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean."Padahal, peningkatan minat baca masyarakat akan mempercepat kemajuan bangsa Indonesia, karena tidak ada negara yang maju tanpa buku, kata Panitia Pameran Buku dan Multimedia Kompas Gramedia Fair, Tri Bintoro, di Solo. Jawa Tengah, seperti dikutip Antara. Rabu (26/1).


Dalam konteks menumbuhkan minat baca. Kompas Gramedia bersama BCA ingin memberi kontribusi positif melalui penyelenggaraan "Pameran Buku dan Multimedia Kompas Gramedia Fair" yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses buku dan bahan bacaan dengan harga lebih terjangkau.


Sementara itu. Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas. Trias Kunrjahjono, mengatakan, acara ini diawali dari Solo, karena kota ini mempunyai catatan sejarah yang kuat dalam perpustakaan dan Intelektual yang tinggi. "Tradisi membaca di kota ini pula sangat kuat," kata Trias.


Hal itu semua bisa dibuktikan dengan adanya gedung Monumen Pers Nasional dan lain-lain. Melalui gemar membaca Juga akan membuka Jendela dunia. Pameran buku tersebut yang berlangsung 26-30 Januari 2011 dibuka Wall Kota Surakarta Joko Widodo.


Pameran ini akan dilanjutkan di Jakarta, 23-27 Februari 2011. Surabaya 13-17 April 2011. Semarang, 27 April sampai 1 Mei 2011 dan di Medan 25-29 Mei 2011. Dalam kesempatan tersebut panitia juga memberikan bantuan buku bacaan untuk perpustakaan di Solo, (ito)



Tags: