MTsN 1 Kota Makassar Sabet 4 Gelar Juara dalam Ajang Asean Robotic Day 2021

MTsN 1 Kota Makassar Sabet 4 Gelar Juara dalam Ajang Asean Robotic Day 2021

Makassar (Pendis) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Makassar berhasil menyabet 4 gelar juara dalam ajang Asean Robotic Day (ARD) 2021. Asean Robotic Day  merupakan acara dua tahunan yang menjadi ajang pembuktian dan tolak ukur kemampuan robotika para pelajar di tingkat SD, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK se-Asean (Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara).

Tahun ini, ARD diselenggarakan secara virtual melalui zoom dari sekolah/madrasah masing-masing, dikarenakan situasi pandemi covid 19 yang belum usai. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 21- 22 September.

Kepala MTsN 1 Kota Makassar,  Zulfikah Nur mengaku sangat senang dan bangga atas pencapaian peserta didik. Ia berpesan kepada para siswa yang telah berprestasi untuk menjadikan ajang ARD ini sebagai motivasi dan menjadi semangat baru untuk lebih meningkatkan potensi siswa dalam bidang robotik.

“ Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah ini, anak-anakku sekalian jangan cepat puas, teruslah belajar dan berlatih, tingkatkan prestasi tetap tawadu,” kata Zulfikah di  Makassar, Kamis (23/09/2021).

Menurut Zulfikah, kemenangan yang diperoleh merupakan hasil keikhlasan dan keyakinan siswa, jiwa juang dan pengorbanan serta kerja keras, dan pengorbanan orang tua.

Pembina robotik MTsN 1 Kota Makassar, Asyikin mengungkapkan kesempatan ini merupakan kompetisi yang pertama kali diikuti. MTsN 1 Kota Makassar berhasil mengalahkan ratusan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan beberapa negara Asean seperti Singapura, Malasyia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam dan lainnya

Meskipun terbilang baru, namun dalam kompetisi ini MTsN 1 Kota Makassar berhasil mengamankan 4 Juara dari 4 Kategori yang diperlombakan. "Saya bangga, dan Alhamdulillah pada momen pertama kalinya kami mengikuti kompetisi ARD 2021 dengan kategori Senior, berhasil meraih 4 gelar juara sekaligus,” ungkap Asyikin.

Berikut adalah daftar juara yang diperoleh serta nama siswa yang berprestasi:
1.    Juara 2 kategori Creative Robot dengan karya "Hokx Lora" Alat Pendeteksi Saturasi Oksigen dalam Darah Berbasis Lora." Dengan Tim yang terdiri dari Muhammad Rifky Aditya, Nauval Ahmad Khalis dan Khairul Anam Haruna.

2.    Juara Harapan 1 kategori Robot in Movie dengan karya "Swab (Tempat Sampah Berbintang)." Kategori ini diraih oleh Muhammad Furqan Akbar, Maharani Putri Mulya dan Nur Elyssah Salam.

3.    Jara Harapan 2 kategori Robot in Movie dengan karya "Robot Alat Pendeteksi Kadar Gula dalam Makanan" berhasil diraih oleh Muhammad  Arzal Al Buchari, Abd. Khaliq  Saputra S.  Adam dan Nur Athifah Tiara. A.

4.    Juara Harapan 2 kategori Robot Theater dengan tema" Hypertensi" diprakarsai oleh Muhammad Fayyadh Fathanah, Muhammad Arsyah Yusuf dan Fatimah Azzahrah. (Yuyun/Hik)


Tags: