Nifasri: Kemenag Terus Tingkatan Mutu PAI

Nifasri: Kemenag Terus Tingkatan Mutu PAI

Tangerang (Pendis) - Titik awal kegiatan Subdit PAI SMP dimulai dengan menggelar kegiatan pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum PAI, di Banten yang diikuti oleh dua angkatan, berjumlah sekitar 100 orang, yang sebagiannya adalah IN (Instruktur Nasional) PAI SMP.

Pada kegiatan ini, Kasubdit PAI SMP (16/3/2016), Nifasri M Nir menyatakan bahwa kegiatan ini selain media silaturrahim IN PAI SMP, juga titik awal untuk perencanaan program pengembangan PAI SMP pada tahun ini. Penguatan pada pengembangan PAI SMP dalam pandangan Nifasri cukup penting terutama berhubungan dengan perkembangan kekinian terkait dengan kurikulum PAI. Dalam hal ini, GPAI menjadi personal penting dalam perwujudan karakter bangsa. Harapannya, GPAI dapat bertanggungjawab akan hal ini. "Jika pendidikan karakter di kita efektif, mungkin lebih baik daripada negara lain", lanjut Nifasri.

Kesan GPAI yang kurang kompeten, sekarang sudah mulai maju pada perbaikan. Kementerian Agama terus berupaya untuk meningkatkan mutu GPAI ini. Pada tahun 2016 ini, Nifasri menyebutkan beberapa program, seperti peningkatan mutu GPAI, peningkatan kompetensi pengawas PAI, pengembangan dan pemberdayaan ekstrakurikuler, dan peningkatan pemahaman kurikulum. Selain program ini, kegiatan diisi pula penyusunan rancangan pengembangan materi BTQ, penilaian, dan pembelajaran perspektif Kurikulum 2013.

(Rudi AS/ra)


Tags: