Olimpiade Projek Sains Indonesia, Budayakan Berpikir Ilmiah

Olimpiade Projek Sains Indonesia, Budayakan Berpikir Ilmiah

JAKARTA, (PRLM).- Olimpiade Projek Sains Indonesia atau Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2011 akan dilangsungkan di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, 23-24 Februari 2011. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal dijadwalkan membuka kegiatan yang digelar untuk ketiga kalinya itu.

Ajang ISPO ini digelar guna mendorong para remaja untuk mencintai ilmu pengetahuan, membudayakan berpikir ilmiah, melakukan penelitian dan mengembangkannya, dan menghasilkan produk ilmiah.

Presiden ISPO Bambang Sudibyo menuturkan, kegiatan ISPO mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selain itu, membantu membangun budaya kritis, budaya melakukan penelitian, dan menghasilkan penemuan-penemuan baru yang orisinal. "ISPO juga menjadi wadah peneliti muda untuk berkompetisi sehat pada tingkat nasional dan mendorong lingkungan pembelajaran yang nyata dengan menafsirkan hal-hal yang abstrak dalam sains ke projek yang realistis," katanya di Jakarta, Senin (21/2).

Rencananya, dalam ISPO 2011 di Balairung UI Depok, sebanyak 170 projek penelitian siswa akan dipamerkan. Projek-projek yang dipamerkan merupakan finalis dari 618 projek penelitian siswa dan akan dinilai oleh dewan juri untuk ditentukan pemenangnya. Total sekolah yang mengajukan proposal penelitian sebanyak 156 sekolah dari 20 provinsi di Indonesia. Kegiatan yang terbuka bagi siswa SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK seluruh Indonesia ini meliputi enam bidang kajian, yakni fisika, kimia, biologi, teknologi, lingkungan, dan komputer.

Para pemenang ISPO, selain mendapatkan penghargaan medali dan hadiah dari sponsor, juga akan dikirimkan untuk mengikuti ajang sejenis pada tingkat internasional.

Berdasarkan catatan, pada tahun 2009 dan 2010 para pemenang ISPO telah meraih berbagai penghargaan di antaranya medali emas dan perak pada ajang I-SWEEEP di Amerika Serikat (AS) dan ajang IYIPO di Georgia. Selain itu, meraih medali emas pada ajang ISTE-MOSTRATED di Brasil.

Menurut rencana, pemberian penghargaan bagi para pemenang akan dilaksanakan di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (25/2).


Tags: