Pecah Rekor, Hampir 2.000 Paper Submit ke AICIS 2024 di Semarang

Pecah Rekor, Hampir 2.000 Paper Submit ke AICIS 2024 di Semarang

Semarang (Pendis) --- Sebanyak 1.976 paper dikirim oleh calon peserta Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024. Jumlah tersebut lebih tinggi dari penyelenggaraan AICIS 2023.

AICIS ke-23 akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, 1 – 4 Februari 2024. "Total paper yang masuk sebanyak 1.976 terdiri dari 997 paper dan 979 panel," ujar Ketua Stering Commitee AICIS 2024, M. Mukhsin Jamil, dalam siaran tertulis, Selasa (16/1/2024).

Paper dikirim peserta dari 13 negara, antara lain: Afganistan, Armenia, Mesir, Irak, Malaysia, Maroko, Nigeriia, Pakistan, Sri Lanka, dan Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi, dalam dan luar negeri, ikut berkontribusi dalam AICIS 2024. Sejumlah peserta dari pusat penelitian, baik dari dalam dan luar negeri, juga ikut memeriahkan event internasional ini.

Berdasar data yang masuk, lembaga yang terlibat dalam gelaran AICIS antara lain Badan Riset dan Inovasi Nasional, Al Madinah International University Malaysia, Hassan First University Settat Maroko, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jenderal Soedirman, UIN Walisongo, UIN Malang, UIN Raden Mas Said, UIN Jakarta, UIN Ar-Raniri, UIN SUlthan Thaha Saifudin, IAIN Madura, IAIN Kediri, IAIN Ambon, IAIN Bone, IAIN Curup, IAIN Fattahul Muluk, IAIN Kendari, IAIN Kudus, Pesantren Terpadu Al-Mutawally, Digital Humanities Center of Indonesia, UHN Gusti Bagus Sugriwa, IAIN Langsa, IAIN Lhokseumawe, IAIN Madura, IAIN Madura, IAIN Metro, IAIN Palangkaraya, IAIN Palopo, IAIN Palopo, IAIN Pontianak, IAIN Sorong, IAIN Cirebon, serta sejumlah kampus negeri maupun swasta di tanah air, serta mancanegara.

"Dari naskah yang masuk, terdapat semua tema yang kami sediakan," tambah Mukhsin Jamil.

Ia merinci, ada 163 artikel dengan tema ‘Equality, Justice, and Humanitarian Crisis’. Selain itu, ada 35 artikel dengan tema ‘Fiqh Siyasah on War and Peace, Post Colonial Era’. Ada juga 239 paper dengan tema ‘Gender, Spirituality, and Minority Issues’.

Tema lainnya adalah ‘Impact of International Religious Issues and Tension on Nationalism, Citizenship, and Human Rights’ (99 artikel), ‘Maslahah Mursalah based Policy, Equality and Empowerment’ (147), ‘Religion, Nationalism, and Citizenship in Southeast Asia’ (197), serta ‘Religious Tensions and Global Humanity’ (117).

Aicis 2024 adalah yang ke-23, yang akan digelar pada 1-4 Februar 2024. Pada edisi tahun. Pada 2023, Aicis dilaksanakan di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aicis kali pertama diselenggarakan pada 2000 di Kota Semarang. Tahun 2023, AICIS digelar di UIN Sunan Ampel Bali. AICIS 2022, digelar di UIN Mataram dan Bali. [Tim Humas]


Tags: # UIN