Mahasiswa menyimak hasil penelitian

Mahasiswa menyimak hasil penelitian

Jayapura (Pendis)-- Para peneliti di lingkungan kampus harus selalu meningkatkan kualitas penelitiannya agar dapat memberi sumbangan kepada kehidupan masyarakat dengan lebih baik. Demikian dikatakan Kepala Biro (Karo) Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk, Papua, Moh, Junaidin, saat memberikan sambutan pada Seminar Hasil Penelitian 2021 di Aula Kampus Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, (2/12/2021).

Pada kegiatan yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ini, Junaidin mengajak semua peneliti membangun kesadaran lebih baik dalam menyelesaikan seluruh proses penelitian hingga pembuatan laporan.

Saat ini seluruh sivitas akademika IAIN Fattahul Muluk masih harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dipublikasikan pada berbagai jurnal, baik nasional maupun internasional. “Kita bersama-sama harus lebih giat lagi, lebih rajin lagi menuntaskan apa yang sudah kita mulai,” ucapnya.

Ketua LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua Suparto Iribaram, menyebutkan, saat ini terdapat ketersendatan proses laporan penelitian yang dialami oleh sebagian besar peneliti di berbagai tempat. “Kita sering bersemangat saat memulai proposal penelitian sampai proses berjalan, tapi kemudian saat laporan menjadi kurang greget,” urainya. 

Ia mengingatkan agar para peneliti bertanggungjawab penuh pada anggaran yang sudah digunakan dengan cara membuat laporan penelitian hingga tuntas. “Jika nanti ada pemeriksaan dari Inspektorat pada laporan yang belum selesai, maka bisa jadi proposal berikutnya akan ditolak,” pesannya.

Pada seminar laporan kali ini, panitia menerima 20 laporan hasil penelitian dari berbagai kelompok dosen, staf, dan mahasiswa. Laporan itu direview oleh Prof. Dr. Zaenudin, MA dan Dr. Saifudin Zuhri, MA sebagai Reviewer. (Za/Is/Zul/Her/Ran)