Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Salatiga melaksanakan program student mobility ke Universiti Teknologi MARA Terengganu (UiTM) Malaysia.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Salatiga melaksanakan program student mobility ke Universiti Teknologi MARA Terengganu (UiTM) Malaysia.

Malaysia (Pendis) - Setelah 7 tahun didirikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Salatiga, akhirnya bisa melaksanakan program student mobility ke Universiti Teknologi MARA Terengganu (UiTM) Malaysia.

Program ini diharapkan mampu menambah pengalaman belajar dan membuka cakrawala mahasiswa tentang perkuliahan di negara lain. Istinganah, mahasiswa FEBI menjawab spontan dan merasa bangga ikut serta dalam program itu. "I'm so grateful because I can join this program," ujarnya.

Jawaban itu nampaknya mewakili perasaan seluruh peserta, setelah empat hari berada di luar negeri. Selanjutnya mereka mengatakan, bahwa menjadi kebanggaan sudah diberi kesempatan untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh kampus tercinta, FEBI UIN Salatiga.

Devi, mahasiswa lainnya memaparkan bahwa program ini berlangsung baik, dengan berbagai acara yang sangat bermanfaat. "Kami bertukar pikiran tentang kurikulum masing-masing kampus, diskusi tentang MoU bersama dosen, dan mempelajari budaya masyarakat. Terutama di Terengganu dan Malaysia pada umumnya," ungkap Devi.

Selanjutnya mereka mengatakan, bahwa menjadi kebanggaan sudah diberi kesempatan untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh kampus tercinta, FEBI UIN Salatiga. Devi, mahasiswa lainnya memaparkan bahwa program ini berlangsung baik, dengan berbagai acara yang sangat bermanfaat.

"Kami bertukar pikiran tentang kurikulum masing-masing kampus, diskusi tentang MoU bersama dosen, dan mempelajari budaya masyarakat. Terutama di Terengganu dan Malaysia pada umumnya," ungkap Devi.

Peserta dapat belajar bersama dengan mahasiswa di UiTM melalui join research, mendapatkan pengalaman dan ilmu pada ajang pameran karya mahasiswa UiTM, serta belajar dan bermain bersama dengan anak penyandang disabilitas di PPDK Dungun.

Di samping mendapatkan ilmu, mereka mendapatkan teman baru, dan juga program ini dapat mempererat kerja sama antarindividu maupun kampus. Kesan indah juga dirasakan oleh dua dosen pembimbing, yakni Dr Imanda Firmantiyas Putri dan Emy Widyastuti ME.

Penyambutan luar biasa dari UiTM begitu terasa, karena delegasi langsung disambut Rektor UiTM Cawangan Terengganu, Prof Ts Dr Mazidah Puteh.

Ikut pula hadir menyambut delegasi FEBI dari rektorat, para dekan, dosen, dan mahasiswa UiTM. Dekan FEBI UIN Salatiga, Dr Mochlasin MAg mengapresiasi keterlibatan dosen pembimbing yang telah menyiapkan pemberangkatan dan bersedia mendampingi sampai selesai.

"Saya juga berterima kasih kepada para wakil dekan dan KUI UIN Salatiga yang telah mendukung program ini," jelas Mochlasin, Sabtu (30/12/2023).

Mochlasin menargetkan, tahun depan bisa lebih banyak lagi mahasiswa yang ke luar negeri. Program ini diharapkan meningkatkan kapasitas dan daya saing fakultas maupun mahasiswa secara individual.