Pengisian PDSS SNMPTN Mulai 22 Januari

Pengisian PDSS SNMPTN Mulai 22 Januari

SEMARANG – Proses pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 dimulai Kamis (22/1). Proses ini dimulai dengan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Berdasarkan lembar informasi yang disampaikan Panitia Pelaksana SNMPTN 2015, Selasa (20/1), di Bali, seleksi tersebut dibuka untuk siswasiswi SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2015 yang mengikuti ujian nasional.

"Selain itu, harus memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS serta memiliki nilai rapor semester I hingga V atau sampai semester VII. Pendaftaran berlaku juga bagi SMK/MAK, masa studi empat tahun yang telah diisikan pada PDSS," kata Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Undip Prof Hertanto, kemarin.

Dia menjelaskan, peserta diperbolehkan memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN), namun sesuai ketentuan jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan program studi (prodi), peserta dapat memilih maksimal tiga dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi.

Prestasi

SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. "Pendaftar tidak dipungut biaya apa pun alias gratis," tandasnya. SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap prodi paling sedikit 50% dari daya tampung. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi melalui SNMPTN.

Mekanisme pendaftaran, masingmasing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id, yang kemudian akan diverifikasi. Sementara untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman web.- snmptn.ac.id. Seandainya sekolah mengalami kesulitan, dapat mengunjungi laman halo.snmptn.ac.id. (H41- 37)


Tags: