Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Mahad Aly Dilakukan Secara Bertahap dan Terukur

Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Mahad Aly Dilakukan Secara Bertahap dan Terukur

Jakarta (Pendis) - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) sedang memacu peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan tinggi pesantren atau Ma`had Aly dalam segala bidang, baik SDM maupun infrastrukturnya.

Peningkatan kapasitas dan kualitas Ma`had Aly ini dilakukan secara bertahap dan terukur. Hal ini sangat nampak dalam penyusunan draf pengembangan perpustakaan Ma`had Aly yang diselenggarakan selama dua hari di Kelapa Gading Jakarta Utara. Bahkan dalam pernyataannya, Ainurrafiq menyampaikan bahwa Ma`had Aly sebagai entitas pendidikan yang baru lahir dan masih belia harus bisa berpacu untuk mewujudkan pendidikan yang mandiri dan bermutu.

"Kendati Ma`had Aly masih baru, tetapi ia harus bisa survive di tengah-tengah tantangan layanan pendidikan masa kini. Untuk menyokongnya, negara harus turut hadir dan bersama-sama memikirkan, menyiapkan , dan merealisasikan standar akademik dan komponen pendukungnya. Di tahun ini, selain bantuan ruang kelas baru dan peningkatan sumber daya dosen, perpustakaan Ma`had Aly menjadi perhatian kita juga," terang Kasubdit PDMA ini dihadapan tim penyusun pada hari Rabu, (02/08).

Lebih lanjut alumni Pesantren Futuhiyah Demak ini menegaskan "Kendati Ma`had Aly sebagai lumbung kader ulama yang faqih fiddin, namun pemahaman dan nalar kritisnya tetap dipupuk melalui kajian literasi yang tersedia di perpustakaan. Maka untuk meningkatkah ghirah mahasantri ke perpustakaan, kualitas perpustakaan menjadi perhatian bersama."

Rencananya, pengembangan perpustakaan Ma`had Aly dilakukan secara bertahap. Langkah ini bisa dimulai dari penyediaan infrastruktur beserta komponen pendukungnya. Namun demikian, hibah infrastruktur perpustakaan akan diberikan kepada Ma`had Aly yang telah terdaftar dan menyiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan.

"Hibah ini hanya untuk Ma`had Aly yang secara resmi telah diakui oleh negara. Tetapi mereka tetap mengajukan permohonan sesuai petunjuk teknis," terang Ainurrafiq.

Nampak hadir dalam penyusunan draf pengembangan perpustakaan Ma`had Aly, Ade Abdul Hak, M.Hum., Siti Maryam, M.Hum, dan Ida Farida, M.IS. dari UPT Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedangkan dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dihadiri oleh Dr. Ainurrafiq, M.Ag. selaku Kasubdit PDMA, Dr. A. Rafiq Zainul Mun`im., Drs. Agus Umar, M.Hum, Drs. Bambang Setiawan dan Hery Mulyana selaku kepala seksi pada Subdit PDMA. Tidak ketinggalan pula perwakilan dari beberapa Ma`had Aly. (rfq/dod)


Tags: