Penyebaran Guru Belum Merata

Penyebaran Guru Belum Merata

BANDUNG, (PRLM).- Pada 2014 mendatang diperkirakan akan ada 300 ribu guru yang pensiun di seluruh Indonesia. Hal yang harus segera dibenahi adalah memeratakan jumlah guru di Indonesia, untuk mengantisipasi kekurangan tenaga pendidik. Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan SDM dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional, Unifah Rasyidi mengungkapkan, saat ini ada sekitar 2,7 juta guru di Indonesia dengan penyebaran yang tidak merata.

Unifah menjelaskan, saat ini yang terjadi guru bertumpuk di kota, baik yang masih honorer maupun yang sudah diangkat. Sementara itu, di daerah terpencil masih kurang sekitar 66 persen, ini berarti di tingkat sekolah dasar, satu sekolah hanya memiliki tiga guru. Di Jawa Barat sendiri, kata Unifah, saat ini ada sekitar 44.000 guru dengan sebaran yang kurang merata.

"Sebelum 2014, jumlah guru yang ada harus dimeratakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Akan tetapi, Nusa Tenggara Timur mendapat perhatian lebih karena memerlukan dorongan kuat untuk mengantisipasi kekurangan tenaga pendidik di sana," kata.

Menurut Unifah, pihaknya sudah memiliki rumus serta rancangan untuk mengantisipasi kekurangan guru, yaitu dengan memperhitungkan jumlah sekolah, siswa, dan guru yang dibutuhkan. Dia menjamin hasilnya akan adil, karena kuota dan penghitungannya akan melibatkan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).


Tags: