Mahad Al- Jamiah IAIN SAS Babel Gelar MTQ Tingkat Provinsi

Mahad Al- Jamiah IAIN SAS Babel Gelar MTQ Tingkat Provinsi

Bangka, (Pendis). Perdana, Ma'had Al-Jami'ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren Se-Provinsi Kep. Bangka Belitung sekaligus memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023 selama tiga Hari 24 - 26 Oktober 2023 mendatang.

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren Se-Provinsi Kep. Bangka Belitung di hadiri Wakil Rektor,Para Dekan,Darma Wanita, Para Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an,Para Guru Pendamping dan Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren Se-Provinsi Kep. Bangka Belitung dengan Tema “ Mewujudkan Generasi Muda yang Moderat dan Berperadaban” dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN SAS Babel, Irawan tempat di Aula Gedung Terpadu Selasa (24/10/2023).

Direktur Ma'had Al- Jamiah H. Winarno mengatakan, gelaran lomba MTQ ini Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren Se-Provinsi Kep. Bangka Belitung sekaligus memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023. Acara ini merupakan wujud komitmen Mahad Al Jamiah IAIN SAS Babel dalam melestarikan nilai-nilai agama dan mempromosikan kecintaan terhadap Al-Quran di kalangan siswa Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren, imbuhnya.

Menurutnya, selain menjadi ajang untuk membranding nama IAIN SAS Babel kepada Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren, gelaran lomba ini juga untuk menunjukkan bahwa IAIN SAS Babel menaruh perhatian besar terhadap bakat siswa.

Apabila mereka nanti akan menempuh perguruan tinggi di kampus IAIN SAS Babel tersebut, maka minat dan bakat mereka akan terwadahi dengan baik, terangnya

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Irawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan MTQ tingkat SMA/SMK dan Pondok Pesantren se Babel yang merupakan kegiatan yang sangat positif sehingga MTQ Al-Quran bisa membumi ditingkat anak-anak Tingkat Pelajar SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren. Sehingga akan melahirkan anak-anak yang berilmu dan berakhlak.

"Dengan kegiatan ini diharapkan terjalin silaturahmi antar anak-anak pelajar maupun sekolah sehingga bisa bertukar pikiran dan menambah wawasan baru sehingga nanti bisa lahir anak-anak yang fasih membaca Al-Quran dan juga akan ada perlombaan tingkat nasional," ujarnya

Sementara, Ketua Pelaksana Umi Habibah,M.Pd mengatakan, rincian peserta lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat SMA/SMK dan Pondok Pesantren se- Provinsi Kep. Bangka Belitung di ikuti 3 Cabang Musabaqah Tilawah Qur'an Berjumlah 39 Peserta, Musabaqoh Syarhil Qur'an 39 Regu /117 Peserta Dan Musabaqah Hifdzil Qur'an 40 Peserta.

"Jumlah total sekolah peserta dalam 34 sekolah dan 4 Kabupaten dan Kota total 196 Peserta," pungkasnya.