Perkembangan Diniyah Takmiliyah Naik Drastis

Perkembangan Diniyah Takmiliyah Naik Drastis

SOREANG, (PRLM).- Dengan adanya bantuan sosial dari Pemkab Bandung membuat jumlah Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) meningkat drastis. Pada tahun 2010 jumlah MDT sebanyak 1.216 guru dengan 5.782 guru, sedangkan tahun 2011 ini jumlah MDT 1.604 lembaga dengan jumlah guru 10.862 orang dan siswa 130.578 orang.

"Dengan adanya bantuan sosial dari Pemkab Bandung membuat jumlah MDT naik sehingga akan banyak guru yang tidak bisa dibantu akibat keterbatasan anggaran," kata Kasi Pekapontren Kemenag Kab. Bandung. H. Asep Sopandi, dalam rapat kerja di Komisi D DPRD Kab. Bandung, Rabu (9/2), yang dipimpin Ketua Komisi D, H. Arifin Sobari.

Bantuan Pemkab Bandung sebesar Rp 600.000,-/tahun/orang dari APBD Kab. Bandung tahun 2010 lalu. "Di lapangan terjadi pemotongan dengan mengatasnamakan kebaikan (ihsan) karena FKDT tidak mendapatkan dana operasional. Namun, apakah ihsan ini termasuk sukarela atau paksaan?" kata anggota Komisi D DPRD Kab. Bandung, H. Supardi.

Praktik "ihsan" seperti itu selalu terjadi ketika para guru mendapatkan bantuan atau tunjangan. "Praktik ini bukan hanya di lingkungan Kemenag melainkan juga di dinas-dinas lainnya," katanya.


Tags: