Perkuat Kerjasama, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menerima Kunjungan Dari UI

Perkuat Kerjasama, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Menerima Kunjungan Dari UI

Cirebon (Pendis) - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menerima kunjungan dari Universitas Indonesia (UI), Jum`at (02/08). Kunjungan ini merupakan pertandingan persahabatan olahraga antara kedua lembaga. Jumat malam rombongan dari UI tiba di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bertempat di aula gedung Pascsarjana. Rombongan disambut dengan hangat dan dijamu dengan makanan khas kota Cirebon.

Selain mencicipi makanan khas Cirebon, itu, rombongan dari UI diajak berziarah ke makam Sunan Gunungjati dan berkunjung ke Trusmi yaitu pusat pembuatan batik khas Cirebon yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Keesokan harinya (Sabtu, 03/08) kedua lembaga melakukan pertandingan olahraga tenis lapangan, futsal, dan bulutangkis. Pertandingan tenis lapangan bertempat di Bima Sport Center, sedangkan futsal dan bulutangkis bertempat di Apita. Pertandingan tersebut melibatkan pimpinan, staf dan dosen dari kedua lembaga.

Pada pertandingan ini tidak mengedapankan hasil menang dan kalah, akan tetapi diawali dengan olahraga, kerjasasama antar kedua lembaga semakin erat. Kedepannya kedua lembaga akan saling bekerjasama dalam bidang lainnya selain olahraga. Kerjasama ini merupakan kegiatan tahunan UI dalam menjalin kerjasama dan pembinaan kepada kampus-kampus yang ada di daerah.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta Hasyim menyampaikan rencananya untuk melaksanakan kunjungan balasan. Beliau juga mengemukakan ada beberapa aspek kerjasama yang bisa ditindaklanjuti dalam waktu dekat. "Kita akan secepatnya menjadwalkan kunjungan balasan untuk menjalin kerjasama dengan UI," ujar Sumanta.

Wakil Rektor UI Bidang Kerjasama dan Sumber Daya Manusia Dedi Priadi mengatakan, "Kerjasama ini tentunya pada bidang pendidikan yang meliputi penelitian, kegiatan kemahasiswaan, dan kerjasama lainnya. Di UI ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang salah satu studinya adalah Ekonomi Syariah. Jadi mungkin bidang ini yang bisa dikembangkan terlebih dahulu".

Menurutnya, kerjasama yang tengah dibahas ini tidak akan hanya pada bidang keagamaan. Di UI sendiri mempunyai program kajian Timur Tengah dan pengembangan pesantren. Selain itu, juga ada program administrasi pelayanan publik untuk dibuka di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sehingga pegawai yang ada di wilayah Cirebon bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang S2 di kampus tersebut.

"Kami mempunyai tugas pembinaan untuk perguruan tinggi di daerah. UI adalah Universitas Indonesia dan untuk Indonesia. Kita bisa membantu dalam rangka membina, seperti pengembangan dan peningkatan SDM. IAIN juga harus bisa merangkul pemerintah dan masyarakat di daerah. Sedangkan untuk tindaklanjut kerjasama ini kita menunggu kunjungan balasan dari IAIN Cirebon ke UI untuk membahasnya," ujarnya. (Humas IAIN SNJ/dod)


Tags: