Rektor & Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus Batusangkar Bersama CEO of Zarqa University Yordania

Rektor & Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus Batusangkar Bersama CEO of Zarqa University Yordania

Palembang (Pendis) - Mengusung target besar menjadi World Class University serta memperluas jaringan internasional, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar teken Memorandum of Understanding (MoU) Internasional dengan Zarqa University Yordania.

Penandatanganan ini dilakukan serentak bersama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, UIN Raden Fatah Palembang Selasa, 23/01/2024.

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Marjoni Imamora yang didampingi Wakil Rektor III Dr. Sirajul Munir, bersama 54 PTKIN Indonesia lainya hadir menandatangani MoU Internasional tersebut dengan CEO of Zarqa University Yordania, Dr. Mahmoud Abu Sheirah yang juga dihadiri President of Zarqa University Yordania, Prof Nidhal M Al Ramahi.

MoU ini dalam bidang tri dharma perguruan tinggi mencakup kerja sama dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama tersebut meliputi pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf, kerja sama penelitian, dan penyelenggaraan seminar, workshop, dan konferensi.

Prof. Marjoni mengatakan, penandatanganan MoU ini akan memperkuat kerjasama Internasional, tidak hanya untuk UIN Mahmud Yunus Batusangkar saja, akan tetapi kerjasama ini nilai tambah untuk seluruh PTKIN di Indonesia.

Lebih lanjut Prof. bidang fisika ini mengatakan UIN Mahmud Yunus Batusangkar siap menjadi Universitas bersandar internasional dengan mengutamakan wawasan kebangsaan, karakter islam, dan budaya local. Sebagai upaya penguatan kapasitas sumber daya manusia dan peningkatan konektifitas antar lembaga pendidikan tinggi pada level internasional.

“Kita berharap, kerja sama ini dapat membawa maslahat bagi kedua perguruan tinggi, MoU pada tataran internasional ini harus kita tingkatkan. Sehingga akan terwujud visi mis UIN Mahmud Yunus Batusangkar  ”Integratif – Interkonektif Dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, dan Bereputasi Global” pungkas Rektor.

Zarqa University adalah universitas swasta pertama di Yordania yang menduduki peringkat 131 Universitas terkemuka didunia untuk negara Arab, telah membuktikan eksistensinya diantara universitas-universitas lain sejak didirikan, kerja menyeluruh untuk mencapai tiga tujuan penting.

Pertama, menyiapkan pendidikan berkualitas dalam meningkatkan prestasi akademik dan mempersiapkan untuk masa depan, dan membentuk perspektif positif. Kedua universitas memperkuat bidang penelitian ilmiah.

ketiga berkontribusi dalam melayani dan membantu masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional, melalui promosi budaya, memberikan kesempatan pendidikan, mengadakan konferensi ilmiah dan budaya serta kursus pelatihan, tidak hanya bagi anggota masyarakat Yordania, tetapi juga bagi anggota Arab dan asing melalui pusat-pusat khususnya. (doni)