Perubahan Sistem Penilaian UN Berdampak pada Sistem Penerimaan Siswa Baru

Perubahan Sistem Penilaian UN Berdampak pada Sistem Penerimaan Siswa Baru

BANDUNG, (PRLM).- Perubahan sistem penilaian Ujian Nasional 2011 juga akan berdampak pada sistem penerimaan siswa baru 2011. Nilai yang akan digunakan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya adalah nilai akhir atau nilai kelulusan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Ya, sesuai dengan pedoman yakni 60 persen nilai Ujian Sekolah dan nilai rapor ditambah nilai ujian nasional. Itu juga yang akan dipakai untuk masuk ke jenjang berikutnya," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dede Hasan saat ditemui usai Seminar Hak Pendidikan Pekerja Rumah Tangga Anak di Aula Panti Sosial Bina Netra Wyata Guna Jln. Padjadjaran Bandung, Rabu (26/1).

Menurut Dede, berbeda dengan Ujian Nasional yang mengalami banyak perubahan tahun ini, pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tidak banyak berubah. Mulai dari kriteria kelulusan hingga proporsi soal yang disusun.

"Untuk soal masih sama yakni 75 persen disusun oleh provinsi sementara 25 persen lainnya dari pusat. Kelulusan masih tetap ditentukan oleh satuan pendidikan yakni sekolah. Yang berubah hanya tidak ada Tim Pemantau Independen dan tidak ada ujian ulangan," ujarnya.


Tags: