![Perubahan Sosial Pengaruhi Pendidikan Islam](/storage/pictures/posts/16_9/mid/6441.jpg)
Perubahan Sosial Pengaruhi Pendidikan Islam
YOGYA (KR) - Perubahan sosial yang terus dan pasti terjadi turut mempengaruhi pendidikan Islam. Oleh karena itu, pendidikan Islam perlu merespons agar kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pendidikan Islam terpenuhi.† Jika itu tidak dilakukan oleh para pakar dan penentu kebijakan bidang pendidikan di negeri ini, kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan Islam semakin menyusut.
Sebagai ‘Futurolog’ pendidikan, Malik Fadjar memiliki pemikiran-pemikiran yang responsif terhadap perubahan sosial masyarakat. Pemikiran pendidikan Islam Malik Fadjar bersifat antisipatif-akomodatif. Artinya, pemikiran pendidikan Islam Malik Fadjar mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di masa depan dan menerima perubahan-perubahan yang bersumber dari luar secara selektif.
Demikian hasil temuan riset Mantan Guru Madrasah Diniyah Budi Mulia II Yogyakarta†Ruslan yang dipaparkan di depan Tim Penguji Program Pascasarjana (PPs) UIN Sunan Kalijaga saat menempuh ujian promosi doktor, Senin (14/11). Karya riset ini dirangkum Ruslan menjadi karya disertasi berjudul ‘Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial (Studi Pemikiran A Malik Fadjar)’.
Mengutip hasil riset tersebut, Ruslan menyebutkan, pendidikan Islam yang dapat mengantisipasi perubahan adalah yang berorientasi masa depan (future oriented), dengan menjadikan problem-problem kekinian sebagai telaah untuk menganalisis perubahan di masa mendatang. Perubahan-perubahan 5-10 tahun ke depan tidak lepas dari perhatian pemikiran Malik Fadjar.
Dalam pemikirannya, Malik Fadjar juga memperhatikan keterkaitan antara pendidikan Islam dan konsepsi umat terbaik (khaira ummah), yakni peningkatan kesadaran, berwawasan luas dan beretos kerja tinggi. Pengembangan SDM dalam lingkup pendidikan Islam harus melahirkan peserta didik yang unggul dalam berkompetisi di tengah percaturan global. Terkait dengan dunia kerja, pendidikan Islam, sebagai agent of social change, output pendidikan Islam tidak saja siap mengisi lapangan pekerjaan dengan keterampilan yang dimiliki, tetapi diharapkan mampu aktif dan kreatif menciptakan lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja yang lain. (Asa)-c
POPULER
Kemenag Luncurkan Pedoman Implementasi Kurikulum Bagi Madrasah
- Rabu, 10 Juli 2024
Seleksi 7.962 Proposal, Tahap MYRES 2024 Capai 30 Besar
- Rabu, 10 Juli 2024
Direktur KSKK Madrasah: Reformasi Mutu Pendidikan di Madrasah Penting
- Jumat, 5 Juli 2024
Kemenag Gelar Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah
- Sabtu, 6 Juli 2024
7.962 Proposal Penelitian Masuk, Kemenag Mulai Proses Seleksi MYRES 2024
- Kamis, 4 Juli 2024
BERITA TERKINI
FTIK UIN Palu kerja sama IAIN Bone tingkatkan mutu akademik
- Selasa, 16 Juli 2024
UIN Ar-Raniry dan Kominfo Sepakat Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang TIK
- Selasa, 16 Juli 2024
Satu Pesdik Madrasah di Kalteng Terpilih Ikut Kibarkan Bendera di IKN
- Senin, 15 Juli 2024
Copyright © 2021 Pendis Kemenag