Pesan Menag  pada ASN Kemenag di HAB ke 74

Pesan Menag pada ASN Kemenag di HAB ke 74

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 dengan tema "Umat Rukun, Indonesia Maju" ini pada Jumát (3/1/2020). Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, menag mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Dalam kesempatan memperingati Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama, Menteri Agama Fachrul Razi yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal, yaitu  Pertama, Menag meminta ASN Kemenag untuk memahami sejarah Kemenag serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara. 

“Kedua, jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis,” pesan Menag. 

Ketiga, ia berpesan  agar ASN Kemenag harus menanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

Keempat, memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

“Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan,” ujar Menag. 


Keenam, tiap ASN Kemenag harus mampu mengimplementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 yang digelar di lapangan Upacara Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta  yang  dihadiri seluruh ASN Kemenag dari unit eselon I dan Setjen Kementerian Agama, Menang menyampaikan apresiasi pelaksanaan upacara yang tertib dan tepat waktu. (Hikmah)   


Tags: