PIK-R Lotus MAN 1 Banda Aceh mengadakan acara Seminar Parenting dengan tema “Good Communication, Bring Better Relation”.

PIK-R Lotus MAN 1 Banda Aceh mengadakan acara Seminar Parenting dengan tema “Good Communication, Bring Better Relation”.

Banda Aceh (Pendis) - MAN 1 Banda Aceh mengadakan acara Seminar Parenting dengan tema “Good Communication, Bring Better Relation”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Lotus MAN 1 Banda Aceh, Minggu (23/9/2022).

Hadir sebagai pemateri di antaranya perwakilan dari  BKKBN Ira Meutya, SPsi dan Siti Wasilah Juhra, SPdI, MA.

Seminar Parenting bertujuan untuk membahas tentang peran orang tua dalam mengasuh, mendidik, dan membimbing anak. Kegiatan tersebut dilakukan untuk membahas topik tertentu terkait pengasuhan dalam keluarga, masalah-masalah perkembangan anak dan permasalahan lain dalam kehidupan berkeluarga, dengan cara interaksi tanya-jawab.

Setelah mengikuti kegiatan ini para orang tua diharapkan bisa menerapkan ilmu tersebut untuk anak. Program parenting merupakan pendidikan yang diberikan kepada anggota keluarga, khususnya bagi orang tua yang memiliki kemampuan untuk mendidik dan merawat anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi negara di masa yang akan datang.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh angota PIK-R yang turut mengsukseskan acara seminar Parenting tersebut.

“Alhamdulillah, melalui PIK-R Lotus kita dapat mendidik anak-anak untuk terus berkarya ke depannya. Saya sangat senang tim PIK-R bersama-sama dengan OSIM bisa membagun relasi yang sangat baik dengan berbagai pihak. Semoga kegiatan ini dapat membantu orang tua agar dapat memahami dan lebih dekat terhadap kondisi anak di dalam masa pertubuhan mereka”, ungkapnya.

Sementara itu, Pembina PIK-R Lotus MAN 1 Banda Aceh, Dra Nasirah, mengatakan, “Kami berharap dengan adanya seminar parenting ini, kita dapat membantu orang tua siswa agar bisa membangun komunikasi antara ayah, ibu dan anaknya untuk dapat lebih baik lagi, sehingga diharapkan dapat membawa hubungan yang lebih dekat dari yang sebelumnya”, ujarnya setelah selesai acara.

“Kita semua mengajak anak-anak agar lebih terbuka dengan keluarga mereka sendiri, khususnya kepada kedua orang tua, ayah dan ibu di rumah. Orang tua diharapkan bisa selalu memahami, mendukung, serta memberi perhatian lebih dan terus mengikuti pertumbuhan dan perkembangan dari anak” pesannya.

Acara tersebut didukung penuh oleh BKKBN Provinsi Aceh, Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, LP3I College Kota Banda Aceh, Dinas P3AP2KB, Puskesmas Kuta Alam, Forum Generasi Berencana Provinsi Aceh, dan Balai Penyuluh KB Kuta Alam.

Sebagai informasi, beberapa waktu yang lalu PIK-R Lotus baru saja mendapatka penghargaan dari BKKBN Provinsi Aceh sebagai juara satu Kelompok PIK-R Terbaik Segmentasi Usia Remaja Tengah se Provinsi Aceh. Hal tersebut disampaikan saat kegiatan Apresiasi Pelaksanaan Edukasi PKBR di PIK Remaja, Forum GenRe Kab/Kota dan BKR tingkat Provinsi Aceh tahun 2022.