Presiden Jokowi Resmikan Transformasi 12 PTKIN di Istana Negara

Presiden Jokowi Resmikan Transformasi 12 PTKIN di Istana Negara

Jakarta (Pendis) - Presiden R.I Joko Widodo didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Jum`at petang (19/12), meresmikan transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Istana Negara, Jakarta. Transformasi PTKIN tersebut meliputi alih status sembilan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan tiga IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Di saat yang sama, Jokowi juga melaunching program beasiswa 5.000 doktor Tahun 2015-2019 di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.


"Dengan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, saya resmikan sembilan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan tiga IAIN menjadi Universitas Islam Negeri atau UIN. Dan sekaligus, sore hari ini saya launching Program 5000 Doktor," ucap Jokowi.


Peresmian dan launching tersebut dilakukan Presiden ditandai dengan penandatanganan prasasti. Dalam acara peresmian dan launching tersebut turut hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Kerja, beberapa Duta Besar Negara Sahabat, sejumlah pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, serta para Rektor UIN/IAIN dan Ketua STAIN se-Indonesia.


Dalam sambutannya, Jokowi menyambut baik adanya transformasi perguruan tinggi keagamaan Islam baik dari sekolah tinggi menjadi institut, atau pun dari institut menjadi universitas. "Saya sudah banyak melihat, misalnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kedokterannya sangat bagus sekali. Saya juga melihat universitas yang lain, yang dulunya perguruan tinggi Islam atau institut Islam, juga sama. Kemudian di tempat yang lain juga, selain UIN Jakarta, Kedokteran-nya juga sangat bagus," ucap Jokowi.


Presiden menilai fungsi-fungsi pendidikan Islam ini sangat berperan dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan negara, pemerintah dan rakyat yang masih sangat dibutuhkan.


Sembilan STAIN yang beralih status menjadi IAIN dan 3 IAIN yang bertransformasi menjadi UIN tersebut adalah: IAIN Langsa, IAIN Salatiga, IAIN Purwokerto, IAIN Jember, IAIN Samarinda, IAIN Palangkaraya, IAIN Manado, IAIN Palopo, IAIN Kendari, UIN Sumut Medan, UIN Raden Fatah Palembang dan UIN Wali Songo Semarang.

(dis/ra)


Tags: