Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Fahrurrazi dan Kepala SMP Negeri 1 Darul Imarah, Affilinda SPd MPd turut hadir dan memantau pela

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Fahrurrazi dan Kepala SMP Negeri 1 Darul Imarah, Affilinda SPd MPd turut hadir dan memantau pela

Banda Aceh (Pendis) --- Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry bersama SMP Negeri 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi yang berlangsung 21-28 Agustus 2023.

Kegiatan pengabdian yang bertajuk program pengembangan perpustakaan di SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar, merupakan bagian dari realisasi kerja sama yang telah disepakati kedua belah pihak.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mukhtaruddin MLIS mengatakan bahwa Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan bentuk nyata dari pengimplementasian keilmuan dosen prodi dalam pelaksanaan pengabdian dan menjadi bagian dari tanggungjawab sosial kampus kepada masyarakat.

"Sebagai institusi pendidikan, prodi Ilmu Perpustakaan memiliki tanggung jawab sosial dan tentunya bertanggung jawab terhadap pengembangan perpustakaan melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang kita lakukan di SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar," kata Mukhtaruddin, Minggu (27/8/2023).

Lebih lanjut, Mukhtaruddin menjelaskan bahwa selama tiga hari pihaknya bersama alumni yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) dan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh melakukan pembenahan pengelolaan perpustakaan, pelatihan bagi tenaga perpustakaan dan pendampingan.

"Khusus untuk pengembangan perpustakaan sekolah, kita bersama kawan-kawan alumni dari ALC dan IPI Aceh melakukan serangkaian kegiatan guna mewujudkan program pengembangan perpustakaan berbasis web," terang Mukhtar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMP Negeri 1 Darul Imarah, Affilinda SPd MPd mengatakan bahwa kerja sama ini sebagai langkah awal untuk pengembangan perpustakaan serta peningkatan kompetensi tenaga kependidikan dan guru khusus pengelola perpustakaan sekolah.

Menurutnya, kegiatan pengembangan perpustakaan merupakan terobosan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi siswa dalam mengakses koleksi perpustakaan.

"Terima kasih kepada prodi Ilmu Perpustakaan, ALC dan pengurus IPI Aceh yang sudah berkenan meluangkan waktunya untuk membenah sistem perpustakaan yang sesuai dengan standar. Sehingga dengan adanya penerapan sistem otomasi perpustakaan sangat membantu mengefisiensikan waktu dan tenaga pengelola perpustakaan," ujarnya.

Di era teknologi informasi saat ini, kata Affilinda kita dituntut agar selalu mengikuti perkembangan teknologi. Begitu juga dengan perpustakaan sekolah yang dituntut agar mampu memenuhi kebutuhan informasi dan layanan bagi warga sekolah.

“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar. Tahun depan kita akan fokus kepada pengembangan perpustakaan berbasis digital," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Aceh Library Consultant, Arkin SIP menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan perpustakaan ini sebagai salah satu bentuk tanggungjawab dan upaya mahasiswa dan alumni Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Aceh Library Consultant untuk mewujudkan program pengembangan perpustakaan sekolah berbasis web.

Melalui kegiatan ini, kata Arkin setidaknya bisa membantu rutinitas pengelolaan administrasi dan manajemen perpustakaan, mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

Selama 3 hari ini, pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi mulai dari entri, penempelan label dan barcode, pembuatan kartu perpustakaan untuk mendukung penerapan otomasi perpustakaan serta memberi pembekalan dan pelatihan bagi pengelola perpustakaan.

“Sebagai bentuk komitmen dan tanggungjawab alumni dan program studi Ilmu Perpustakaan pihaknya akan terus memberikan pendampingan untuk pengembangan perpustakaan ke depan,"kata Arkin yang juga sebagai Wakil Sekretaris PD IPI Aceh.

Turut hadir dalam kegiatan pengabdian ini, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Fahrurrazi, Ketua PD IPI Aceh Nazaruddin, Wakil Kesiswaan Sardani SPd MPd.