Prodi SKI UIN Ar-Raniry Bekali 70 Mahasiswa Magang

Prodi SKI UIN Ar-Raniry Bekali 70 Mahasiswa Magang

Banda Aceh (Pendis) --- Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) memberikan pembekalan kepada 70 mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun 2023. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Sanusi MHum, Jum'at (27/10/2023) bertempat di Aula fakultas kampus tersebut.

Dalam sambutannya, Sanusi mengingatkan mahasiswa PKL prodi SKI untuk membangun komunikasi yang baik dan menjaga etika selama menjalani magang. Hal ini penting karena magang tidak hanya memenuhi tugas akademik tapi bagaimana mampu beradaptasi dengan dunia kerja.

"Kenali situasi tempat kerja Anda. Apa skill dan keterampilan yang Anda miliki. Tentunya harus siap beradaptasi, karena lingkungan kerja beda dengan kampus," ujar Sanusi.

Lebih lanjut, Sanusi menyinggung soal etika. Menurutnya etika dan integritas menjadi sangat penting dalam dunia kerja. "Banyak kita liat, IPK tinggi namun tidak sukses dalam lapangan kerja. Tetapi yang IPK biasa saja laris di lapangan kerja karena selalu mengedepankan etika dan punya etos kerja," katanya.

Sebelumnya, Ketua Prodi SKI Hermansyah menjelaskan bahwa sebanyak 70 peserta PKL Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam diberi pembekalan sebelum magang. 

"Magang mahasiswa SKI bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Kebudayaan Aceh, kita sengaja memilih instansi yang terlibat dalam PKA, sehingga mahasiswa bisa belajar dan memperoleh pengalaman yang berbeda," ujar Hermansyah.

Mereka akan melaksanakan magang selama satu bulan di sembilan instansi yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 1 Aceh, Museum Aceh, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dinas Sosial, PEDIR Museum, Museum Ali Hasjmy, Rumoh Manuskrip Aceh dan Museum Tsunami. 

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Toyo Harryanto dari BPK Wilayah 1 Aceh yang memberi materi tentang dinamika, peluang dan tantangan kerja magang bidang Cagar Budaya dan Nilai Budaya.

Sementara Muhajir Al-Fairusy dari STAIN Meulaboh memberi materi tentang membangun budaya praktik kerja unggul bersama mitra. []