Inaugurasi Penutupan Project 4in1 di UIN Walisongo Semarang

Inaugurasi Penutupan Project 4in1 di UIN Walisongo Semarang

Semarang (Pendis) --- The Support to Development of The Islamic Higher Education Project atau yang lebih dikenal dengan nama proyek Four-in-One resmi ditutup. Proyek ini adalah kolaborasi antara Kementerian Agama dengan Islamic Development Bank (IsDB). IsDB memberikan pinjaman kepada Pemerintah Indonesia sebesar US$ 23.750.000 atau sekitar Rp1.7 triliun.

Salah satu bentuk proyek Four-in-One ini adalah pembangunan 33 gedung di 4 Universitas Islam Negeri. Yakni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebanyak 8 gedung, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang sebanyak 9, UIN Walisongo Semarang sebanyak 8 gedung dan UIN Mataram sebanyak 9 gedung.

Acara yang bertajuk ‘Inaugurasi Penutupan Project Four-in-One’ ini diselenggarakan di gedung Rektorat Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Tepatnya di ruang Theatre kampus, acara sekaligus proyek ini ditutup oleh Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada IsDB karena telah mendukung pembangungan infrastruktur dan penyediaan peralatan-peralatan modern yang memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Islam,” katanya di Semarang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, Ali Ramdhani juga mengucapkan terimakasih kepada kementerian PPN/Bappenas dan kementerian keuangan yang telah memberikan dukungan penuh terhadap kesuksesan pelaksanaan proyek ini.

“Tidak lupa kepada bapak Mizan Sya’roni selaku ketua Project Management Unit (PMU) dan juga PMU dan PIU dari keempat Universitas Islam kita yang mampu merealisasikan proyek ini dengan baik melalui komunikasi dan koordinasi yang intens” ujarnya.

Hadir pula Resident Representative of IsDB Regional Hub Indonesia, Salah Jelassi melalui portal Zoom Meeting. Beliau mengungkapkan bahwa melalui pendanaan dan pembangunan serta penambahan fasilitas ini akan menambah produktivitas dan sikap kompetitif di bidang ekonomi dari keempat universitas islam tersebut.

“Keinginan untuk belajar, menemukan dunia dengan membantu perkembangan dan menemukan inovasi teknologi informasi dan menyebarkan nilai-nilai agama Islam oleh cendekiawan Islam Indonesia adalah tujuan utama dari fasilitas pendanaan ini” jelasnya, (14/12/2021).

Direktur Kerja Sama Pendanaan Multilateral Kementerian PPN/Bappenas, Rd Siliwanti sebagai mitra juga turut memberikan sambutan secara daring. Beliau memberikan apresiasi atas keberhasilan pembangunan infrasuktur yang dimulai dari bulan Mei 2013 hingga Desember 2020 ini.

Penutupan project ini dipungkas dengan penekanan tombol secara resmi oleh Dirjen Pendis, 4 rektor UIN serta Sekretaris Ditjen Pendis secara bersamaan.

Melalui proyek 4in1 ini, keempat universitas yang difasilitasi tersebut memiliki gedung fakultas baru. Diantaranya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Termasuk juga dibangunnya gedung-gedung perpustakaan dan laboratorium yang saling terintegrasi.

Rangkaian acara inaugurasi ini ditutup dengan menyaksikan film ‘Journey to the Centre of the Milky Way’ di Planetarium UIN Walisongo. Salah satu planetarium terbesar di dunia, dan merupakan gedung yang dibangun melalui proyek 4in1 ini.