PTKIN Ikuti Penguatan Manajemen Keuangan di Turki

PTKIN Ikuti Penguatan Manajemen Keuangan di Turki

Istambul (Pendis) - Delegasi dari 11 PTKIN di Indonesia mengikuti kegiatan Overseas Training on Financial Management Program, 21 s/d. 24 November 2016, di Marmara University Istambul Turki.

Dekan Fakultas Teologi, Prof. Dr. Ali Kose membuka kegiatan didampingi sejumlah staf dan diikuti seluruh peserta. "Agar kegiatan ini bermanfaat untuk kedua belah pihak," ujarnya.

Mewakili rombongan, Warek II UIN Jakarta Prof. Dr. Abdul Hamid menyampaikan bahwa peserta berasal dari PTKIN seluruh wilayah Indonesia yang memiliki keunggulan spesifik masing-masing. "Kegiatan ini mendukung upaya penguatan keunggulan yang berbeda-beda tersebut," tegasnya.

Kegiatan Training on Financial Management ini diikuiti oleh peserta dari UIN Jakarta, UIN Medan, IAIN Pekalongan, IAIN Cirebon, IAIN Samarinda, IAIN Palopo, IAIN Kendari, IAIN Mataram, IAIN Jember, IAIN Tulung Agung dan peserta dari Ditjen Pendidikan Islam.

Selain pendalaman tentang manajemen perguruan tinggi, pelatihan ini dilanjutkan dengan dua seminar yang akan membahas tentang perkembangan sains Islam (Islamic Sciences) dan Ilmu Kependidikan di Turki dengan narasumber Prof. Dr. Mehmer Ali Bayukkara dan Prof. Dt. Syafi Kenan.

Dalam kesempatan berikutnya, delegasi akan melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Marmara, dan melakukan sejumlah MoU dengan masing-masing PTKIN.

"Tindak lanjut MoU akan dioptimalkan oleh perguruan tinggi sejalan dengan target menjadikan PTKIN Indonesia sebagai World Class University," kata Tim Leader Dr. Zainal Mustaqim, Wakil Ketua II STAIN Pekalongan.

Disela-sela kegiatan, peserta juga melakukan field study sejarah dan budaya Turki di Konya dan Istambul. Sebagai salah satu wilayah di Turki, Konya memiliki sejumlah cagar budaya peradaban Islam, antara lain Museum Maulana Rumi. Sementara Istambul merepresentasikan berkumpulnya peradaban klasik dan modern dalam Islam. (zis/dod)


Tags: