PTKIN Siap Menerima Mahasiswa Baru 2015

PTKIN Siap Menerima Mahasiswa Baru 2015

JAKARTA, (PRLM).-Penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui mekanisme Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN segera berlangsung. Pendaftaran seleksi berdasarkan prestasi akademik itu dimulai 30 Februari hingga 25 April 2015.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mewakili Menteri Agama saat meluncurkan SPAN PTKIN dan Ujian Masuk (UM) PTKIN 2015 di Jakarta, Selasa (27/1/2015) mengatakan, PTKIN saat ini sudah menjadi “magnet”. Bahkan, di sejumlah Universitas Islam Negeri (UIN) sudah banyak memiliki mahasiswa asing dari berbagai negara.

Nur Syam menuturkan, biaya pendaftaran SPAN PTKIN ditanggung oleh pemerintah. “Dengan demikian, calon mahasiswa tidak dikenakan biaya pendaftaran,” ujarnya.

Pada peluncuran SPAN PTKIN ini tampak hadir antara lain Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bakhtiar, serta para rektor UIN, IAIN, dan ketua-ketua STAIN.

Menurut Nur Syam, pelaksanaan SPAN PTKIN 2015 secara nasional diikuti oleh seluruh PTKIN. Pelaksanaannya harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Ketua Panitia Penyelenggara penerimaan mahasiswa baru yang juga Rektor Univeritas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Mudjia Rahardjo menyebutkan bahwa seleksi tersebut dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan kemampuan ekonomi.

Dijelaskan, SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak.

“Tujuannya memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah/pesantren mu’adalah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi,” jelasnya.

Selain itu, untuk mendaftarkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah. Pendaftaran secara “online” dan informasinya dapat dilihat di laman http://www.span-ptkin.ac.id.

Menurut keterangan, pendaftaran SPAN PTKIN 2015 akan dimulai 30 Februari s.d. 25 April 2015. Proses seleksi pada 27 April s.d. 22 Mei 2015, pengumuman hasil seleksi pada 25 Mei 2015. Sementara, pendaftaran ulang yang diterima pada 23-24 Juni 2015.

Ketentuan umum dan persyaratannya, SPAN PTKIN berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Sekolah/Madrasah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN PTKIN adalah sekolah/madrasah/pesantren mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Dijelaskan pula bahwa siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh kepala sekolah/madrasah/pesantren mu’adalah masing-masing.

Selanjutnya mengenai, syarat pelamar pendaftaran adalah siswa SMA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada 2015, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah/pesantren mu’adalah, juga memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Berdasarkan catatan, pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN dilakukan secara nasional dan bentuk lain. Pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh UIN/IAIN/STAIN disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN).(Agus Ibnudin/A-89)***


Tags: