Cantika Oktalianiz, siswa kelas VIII C MTs Negeri 9 Bantul berhasil meraih Medali Emas Ngawi Kick Boxing Championship 2023.

Cantika Oktalianiz, siswa kelas VIII C MTs Negeri 9 Bantul berhasil meraih Medali Emas Ngawi Kick Boxing Championship 2023.

Bantul (Pendis) - Cantika Oktalianiz, siswa kelas VIII C MTs Negeri 9 Bantul berhasil meraih Medali Emas Ngawi Kick Boxing Championship 2023 setelah memukul telak lawan, Sabtu (18/02/2023). Cantika berhasil unggul di kelas Ring Sport Full Contact Putri Under 48 Kg. Ini merupakan tahun kedua Cantika bersinar di Ngawi Kick Boxing Championship. Tahun sebelumnya, Cantika meraih Medali Perak untuk kelas Tatami Kick Light.

Cantika menjelaskan, ring sport full contact berbeda dengan tatami kick light yang diikutinya tahun lalu. Tahun ini, Cantika bertanding di atas ring dan harus memberikan minimal 6 tendangan dengan form yang benar dalam setiap ronde.

Ketika tidak memenuhi syarat tersebut, atlet dinilai hutang tendangan dan akan mendapat pengurangan poin. Selama di atas ring, Cantika berhasil memberikan tendangan sesuai syarat yang diminta dan ditambah dengan pukulan strike yang langsung mengenai kepala lawan tandingnya. Pukulan demi pukulan telak inilah yang membuat Cantika unggul dalam poin.

“Jadi, saat lawan nendang, langsung saya strike kepalanya,” tutur Cantika. 

Kejuaraan yang diselenggarakan di GOR Bung Hatta Ngawi tersebut diikuti oleh 200 peserta dari beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Kabupaten Gresik, Tuban, Madura, Jombang, Malang, Pasuruan, Nganjuk, dan Ngawi sebagai tuan rumah.

Ketua Kick Boxing Indonesia Jawa Timur, Wira Prasetya Catur, menyatakan bahwa Ngawi Kickboxing Championship 2023 digelar untuk menambah pengalaman dan jam terbang atlet. Wira menjelaskan kejuaraan digelar sebagai ajang uji coba atlet serta pembibitan atlet kick boxing.

Sebab dalam waktu dekat akan digelar multievent antara lain Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 Jawa Timur, dan Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan 2023 ini.

Sebagai salah satu atlet yang tergabung dalam Tim Kick Boxing Bangkalan, Madura, Cantika mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum pertandingan ini. Cantika tergabung dalam Sekolah Bela Diri Indonesia, Banguntapan, Bantul. Di bawah asuhan Senpai Lafran Arse Jamaluddin, Cantika berlatih setiap hari senin hingga sabtu di Sekolah Bela Diri Indonesia.

Yunita Wijaya, ibu dari Cantika, menyatakan rasa bangganya. Yunita memberikan ucapan selamat kepada anak pertamanya tersebut. Ia berpesan agar Cantika bisa memperbaiki beberapa kesalahan selama pertandingan dan terus semangat dalam berlatih.

Hal serupa disampaikan Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul. Atik, sapaan akrabnya, memberikan apresiasi atas pencapaian Cantika. Jika tahun sebelumnya, atlet kick boxing kebanggaan MTsN 9 Bantul tersebut meraih Medali Perak, tahun ini bisa membayar kekalahan dengan menyabet Medali Emas.

“Selamat tahun ini bisa menjadi yang terbaik di Ngawi Kick Boxing Championship,” tutup Atik. (And/WE)