Ramai-Ramai Ingin Masuk MAN Insan Cendekia

Ramai-Ramai Ingin Masuk MAN Insan Cendekia

Bandar Lampung (Pendis) - Antusias masyarakat memilih Madrasah Insan Cendekia (MAN IC) mendapat respon yang positif dari masyarakat, terutama orang tua yang anaknya belajar di sekolah umum. Sebanyak 60% peserta ujian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN IC di Provinsi Lampug didominasi alumni dari sekolah umum, baik negeri maupun swasta.

Mulyadi (50), orang tua siswa peserta PPBD MAN IC ini mengaku bahwa sejatinya memberikan kebebasan anaknya yang baru lulus dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bandar Lampung menentukan pilihannya ke tingkat menengah atas, "namun saya memberikan pesan bahwa jika sekolah berlandaskan agama lebih menjanjikan masa depan," ujarnya.

Beda lagi, Evi Sofwati (37), anaknya yang baru lulus dari SMPN 1 Bandar Lampung dan sempat ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat daerah ini berharap puterinya masuk MAN IC Serpong. Evi yang setia menunggu seharian penuh menunggu anaknya yang sedang ujian ini beralasan bahwa puterinya yang bernama Lubna Egypti ini mempunyai keyakinan bahwa belajar di MAN IC yang bersistem asrama mampu mendidik anak untuk hidup mandiri, "sebenarnya dia (anaknya) sudah mendapat golden ticket diterima di SMA favorit di Lampung," ujarnya.

Hampir senada juga dikatakan Wayan Warniati (53), orang tua dari Anisa Wulan Fitriani ini rela menginap di Bandar Lampung dan berharap bahwa sebagai orang tua dirinya lebih tenang ketika anak perempuannya yang baru lulus dari SMP 2 Kota Gajah Lampung Tengah bisa masuk MAN IC karena pergaulan remaja yang semakin bebas saat ini, "lebih tenang karena anak saya perempuan," tukasnya.

Salah seorang peserta ujian PPDB MAN IC, Wiwiek Agustina, menyatakan bahwa dirinya termotivasi masuk MAN IC karena pernah secara langsung melihat kemampuan anak-anak MAN IC Serpong menjadi juara 1 Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC) yang diadakan oleh Rajawali Televisi (RTV) Jakarta. Pada tayangan edutainment itu, MAN IC Serpong meraih Best Performance di ajang babak grandfinal, "saya lihat di TV MAN IC anaknya pintar-pintar, mengalahkan SMA favorit waktu itu," kenang alumni SMPN 2 Bandar Lampung kepada Pendis.

Untuk diketahui, hari ini Ahad (17/05) Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah serentak melaksanakan ujian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan Cendekia yang tersebar di sembilan kota di Indonesia.

(sholla/dod/dod)


Tags: