Prof. Dr. H.M. Zainuddin, .MA. (Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Prof. Dr. H.M. Zainuddin, .MA. (Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Palembang (Pendis)  - Kementerian Agama menggelar perhelatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan ke-XV 2021 di UIN Raden Fatah Palembang. Zainuddin, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada penyelenggara. Hal tersebut disampaikan saat pembukaan di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (11/11)

“Ini merupakan momentum yang berharga dan tepat sebagai ajang silaturrahim para rektor dan perwakilan mahasiswa membahas isu-isu penting di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK),”ungkapnya.

Zainuddin menyampaikan, bahwa Pramuka hadir sebagai wadah pembinaan generasi muda dan membawa tanggungjawab yang besar bagi bangsa Indonesia. "Pramuka harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan zaman agar tidak tertinggal di masa depan," ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen mahasiswa dalam menjaga kebangsaan dan lingkungan Indonesia. “Mahasiswa mempunyai peran penting sebagai bagian bonus demografi Indonesia dan generasi emas 2045 sehingga harus membekali diri dengan pondasi yang kuat,”ujar Zainuddin.

Berbagai kegiatan akan mewarnai jalannya Perkemahan Wirakarya Nasional di UIN Raden Fatah Palembang dari berbagai aspek yang ada. Seperti soal tema lingkungan hidup yang sehat hingga bagaimana melatih mahasiswa menjadi generasi yang tangguh, "serta komitmen menjaga NKRI, menyuarakan kehidupan keberagamaan yang moderat, toleran dan berkemanusiaan,” ujar Guru Besar Sosiologi Agama UIN Malang tersebut.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan bahwa isu penting lainnya adalah soal relasi sosial dan relasi kosmik. “Para mahasiswa diharapkan ikut mengkampanyekan issu terkait lingkungan hidup, karena saat ini sudah terjadi ketidakseimbangan ekosistem, pemanasan global yang mengerikan, banjir dan tanah longsor di berbagai daerah karena terjadinya deforestasi, illegal loging dan seterusnya. Belum lagi pencemaran limbah, baik di darat maupun di laut,”pungkasnya.