Rendah, Motivasi Akademisi Menulis Jurnal

Rendah, Motivasi Akademisi Menulis Jurnal

SEMARANG-Motivasi dan semangat para akademisi, mulai dosen, peneliti hingga mahasiswa untuk memahami dan menulis jurnal atau artikel ilmiah nasional ataupun internasional, tergolong masih rendah. Padahal, jurnal ilmiah merupakan pintu cakrawala untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

“Harus diakui, menulis artikel ilmiah untuk jurnal nasional bahkan internasional, tidak seperti membalik telapak tangan. Dibutuhkan keahlian, seni, gaya bahasa, pemahanan, keuletan, dan kiat khusus agar tulisan menarik dan mudah dipahami pembaca. Menulis di jurnal akan menunjukkan kualitas intelektual seseorang,” kata dosen Magister Manajemen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Dr Mutamimah SE MSi, dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional di aula MM Unissula Kaligawe Semarang, baru-baru ini.

Pada acara yang diikuti seluruh mahasiswa MM Unissula angkatan 29-33 itu, Mutamimah menekankan para mahasiswa khususnya pascasarjana yang hendak menulis artikel ilmiah, harus kreatif. Hal itu amat penting, karena untuk menyederhanakan bahan tulisan yang banyak, detail, dan masih bersifat teknis, tanpa menghilangkan inti informasi, esensi atau gagasan yang disampaikan.

Tingkatkan Kemampuan

Menurut Mutamimah, tulisan ilmiah juga harus memenuhi beberapa kriteria. Antara lain objektif, rasional, reserved (jujur, lugas, tidak ada motif pribadi), dan referensi lebih banyak artikel aktual. Selain itu, mengikuti guide of author, misalnya urutan penataan, pengaturan pembaban, penggunaan tanda baca, serta penyusunan daftar pustaka.
Sebagaimana diketahui, beberapa data menunjukkan Indonesia salah satu negara yang publikasi ilmiahnya masih rendah. Dibandingkan dengan Malaysia, Thailand, dan Singapura, masih jauh.

Pihaknya bertekad meningkatkan kemampuan mahasiswa MM dalam menulis artikel ilmiah dengan upaya yang tepat. “Artikel ilmiah yang up to date dari jurnal nasional ataupun internasional, harus menjadi sumber referensi pokok seluruh mata kuliah di MM Unissula. Selain itu, menjadi sumber inspirasi dalam penyusunan tesis mahasiswa kami,” ungkapnya.

Pimpinan Redaksi Jurnal Riset Bisnis Indonesia Dr Budhi Cahyono SE MSi mengatakan, seluruh tesis dan hasil penelitian mahasiswa MM Unissula, dipublikasikan ke jurnal nasional dan internasional. Selain itu, dipublikasikan di jurnal ilmiah yang dimiliki MM Unissula yakni Jurnal Riset Bisnis yang terbit dua kali setahun (periode Januari dan Juli). “Diharapkan bermanfaat bagi akademisi, praktisi, ataupun pihak lain,” tambahnya. (H70-75)


Tags: