Sambut HAB ke-78 Seksi PAIS dan Pengawas PAI Kemenag Tuban Ikuti 
Gema Khatam Al Qur'an 78 Ribu Kali

Sambut HAB ke-78 Seksi PAIS dan Pengawas PAI Kemenag Tuban Ikuti Gema Khatam Al Qur'an 78 Ribu Kali

Kab.Tuban(Pendis)--Banyak ragam yang dilakukan keluarga besar Kantor Kementerian Agama dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kemenag ke-78. Kali ini Kemenag Tuban yang digawangi oleh Seksi PAIS dan Pengawas PAI mengikuti Gema Khatam Al Qur'an 78 ribu kali di Musala Al-Ikhlas Kemenag Tuban, Jumat (15/12/2023).

Kasi PAIS (Pendidikan Agama Islam pada Sekolah) Kemenag Tuban Imam Syafi'i menjelaskan kegiatan ini sebagai rasa syukur atas Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-78. "Kegiatan ini serentak dilaksanakan se Jawa Timur yang dikomandoi oleh Bidang PAIS Kanwil Kemenag Jatim sampai 78 ribu kali  khatam dan berharap memperoleh rahmat serta keberkahan dengan Al-Qur'an," ucapnya.

Di Kabupaten Tuban yang melaksanakan selain Seksi PAIS dan Pengawas PAI juga dilaksanakan oleh guru dan siswa mulai TK s.d SMA/K. "Tiap kabupaten membuat halaqoh sebanyak banyaknya yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB," ulasnya.

Kegiatan khatam Al-Qur'an adalah kegiatan membaca Al-Qur'an dari juz ke-1 sampai dengan jus ke-30 yang dilakukan secara perorangan atau secara berkelompok dalam satu halaqah.

Kegiatan ini diusung oleh Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jawa Timur yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HAB Kementerian Agama Republik Indonesia ke-78. Sebagai informasi kegiatan ini diikuti oleh jajaran pimpinan dan staf Bidang PAIS Kemenag Provinsi Jawa Timur,  Seksi PAIS Kemenag kab/ko se Jawa Timur, Kelompok Kerja Pengawas, MGMP PAI, KKG PAI, FKG PAI, GPAI dan siswa muslim  mulai SD, SMP, SMA, SMK dan SLB se-jawa Timur.

Pada tanggal 3 Januari 2024 akan disampaikan apresiasi kabupaten/kota yang memiliki jumlah halaqah dan peserta khatam Al-Qur'an terbanyak.